Pedoman Pengelolaan Program Hibah Air Minum

20 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Sektor air minum merupakan pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan pengentasan kemiskinan.Tidak memadainya prasarana dan sarana air minum khususnya di perkotaan berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga.

Program Hibah Air Minum merupakan salah satu upaya untuk mencapai program 10 juta sambungan baru, yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2010 sampai dengan 2014.Tujuan dari Program Hib


Warga Belawan Dapat Sarana Air Bersih

20 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Pengurus Forum Silaturrahmi Isteri Karyawan Telkom (Forsikatel) Witel Sumut-Barat dan Pengurus Majelis Ta’lim Siti Aisyah Telkom MedanMismarni Overlis, menyerahkan bantuan fasilitas umum untuk warga Kampung Nelayan Seberang, Belawan.


Jokowi Juga Ambil-alih Pengelolaan Air

20 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

SETELAH  bertahun-tahun dikelola swasta asing, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sudah mengincar untuk mengambil-alih saham PT Palyja, salah satu operator air bersih. Pembelian ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan air bersih di ibukota.


Batam Olah Air Buangan jadi Air Baku

20 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Pemerintah Kota Batam bekerjasama dengan Kawasan Industri Batamindo mengolah air buangan menjadi air baku yang bisa digunakan kembali untuk industri.


Air Minum Untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan

19 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Air minum dan sanitasi memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan kesehatan lingkungan. Oleh karena itu , penyediaan sarana  air minum dan sanitasi dasar menjadi bagian dari kegiatan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang sehat. Kualitas lingkungan dan perilaku masyarakat akan menentukan derajat kesehatan masyarakatnya.
Pamsimas sebagai salah satu aksi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah  pada Tahap I (tahun 2008-2012) telah berhasil  menyediakan sarana air minu


Lokakarya Rencana Pengelolaan Air SPAM IKK Bakam, Kabupaten Bangka, Hotel Novotel Pangkalpinang, 29-30 Agustus 2012

04 April 2013
Sumber : Digilib AMPL

Salah satu masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan yaitu pemenuhan kebutuhan air minum bagi penduduk di suatu wilayah baik di perkotaan maupun pedesaan. Hal ini dikarenakan sangat tergantung kepada beberapa hal seperti ketersediaan sumber air baku yang terbatas, kebutuhan biaya dan teknik pengolahan air yang diterapkan.  Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan air minum yang memenuhi kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan adalah dengan adanya Rencana Pengamana


Petunjuk Teknis Pemilihan Desa Sasaran Program Pamsimas

19 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Petunjuk Teknis ini merupakan penjelasan rinci atas Pedoman Pengelolaan Program Pamsimas berkenaan dengan tahapan pemilihan desa/sasaran. Adapun tujuan Petunjuk teknis ini adalah untuk memberikan panduan dasar pemilihan desa/kelurahan sasaran program Pamsimas yang terbuka, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.


Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pamsimas Di Tingkat Masyarakat

19 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Secara umum pedoman ini bertujuan untuk memberikan panduan dasar bagi para pelaku pelaksana/pengelola Pamsimas terutama Fasilitator Masyarakat, Kader Pemberdayaan Masyarakat bidang AMPL (Kader AMPL) dan Badan Pengelola. Sehingga diharapkan ada kesamaan pandang antara pelaku Pamsimas di berbagai tataran mengenai apa yang harus dilakukan, apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang harus dicapai oleh program.Selain itu ada standar baku mutu untuk pencapaian hasil kerja Pamsimas di d


Pedoman Umum Pengelolaan Program Pamsimas

19 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Sejak 2008 Pamsimas dilaksanakan, dampaknya positif bagi masyarakat desa yang tersebar disekitar 6800 desa/kelurahan. Sebagai program stimulan dengan pendekatan berbasis masyarakat, program Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan. Untuk membantu penyelenggaraan program agar dapat berjalan efektif dan dapat dipertanggungjawabkan, maka diperlukan pedoman dan petunjuk teknis


Pesan Banjir dari Leluhur Jakarta

19 Juni 2013
Sumber : Digilib AMPL

Sebuah prasasti berasal dari 1600 tahun silam mendongengkan kepada warga penerusnya—Jakarta—untuk bersiaga banjir.