Article - Media Monitoring -
MEDIA MONITORING : OKTOBER 2012
MEDIA MONITORING : OKTOBER 201229 Januari 2013 DINAMIKA ISU AMPL DI BULAN OKTOBER 2012 Sejak Juli 2012, Sekretariat Pokja AMPL Nasional rutin melakukan monitoring terhadap pemberitaan seputar isu air minum dan sanitasi melalui tujuh media online, yakni; antaranews, vivanews, kompas, mediaindonesia, detik, okezone, dan inilah.com. Selama bulan Oktober 2012, total sebanyak 536 berita isu AMPL menghiasi media-media tersebut. Apa sajakah itu?mari kita lihat kategori berikut persentasenya. Persentase Berita AMPL di Media Pemberitaan Oktober kembali cenderung pada isu drainase lingkungan. Terdapat 242 atau 47% berita yang mengangkat kategori ini dan mayoritas membahas persoalan banjir. Bencana banjir terjadi di Ambon, Papua, Medan, Solok Selatan, Bekasi, dan Jakarta. Diyakini bahwa meningkatnya intensitas hujan serta drainase yang buruk adalah penyebabnya. Khusus untuk Jakarta, sejumlah wilayahnya dilanda banjir kiriman. Sebut saja seperti di bantaran kali Ciliwung misalnya, atau Kampung Melayu, Jatinegara, Cililitan, dan Kramat Jati yang kawasannya terendam genangan air. Oleh sebab itu, dari 242 berita mengenai drainase, sebanyak 94 terfokus pada upaya penanganan banjir Jakarta. Salah satu faktor banjir Jakarta ini kembali menjadi topik hangat karena dikaitkan dengan kinerja Gubernur baru, Joko Widodo. Masyarakat seakan menagih janji-janji kampanye Jokowi untuk mengatasi banjir Jakarta. Dikatakan beberapa hal telah dilakukan, antara lain melakukan pemetaan zona rawan banjir, pembenahan tata air, perbaikan drainase, hingga pembersihan sampah yang juga melibatkan peran aktif dari masyarakat. Berikut adalah skema pembagian yang lebih spesifik mengenai kategori Drainase Lingkungan.Skema berita kategori drainase lingkungan
KESIMPULAN Sama halnya seperti hasil monitoring bulan Juli, permasalahan banjir Jakarta kembali mengemuka dan menjadi topik hangat di bulan Oktober. Jika diamati lebih seksama, terdapat sebab lain selain iklim dan cuaca yang menyebabkan topik ini begitu digemari di Juli maupun Oktober, yakni faktor politik. Bulan Juli tengah dilangsungkan Pilkada Gubernur DKI Jakarta sedangkan pada Oktober, Joko Widodo sebagai Gubernur baru Jakarta telah menjadi sosok idola baru masyarakat. Oleh karena banjir merupakan permasalahan yang menjadi momok warga Ibukota, maka isu ini dirasa tepat dimanfaatkan. Baik oleh kepentingan politik saat Pilkada, maupun kepentingan media sendiri terhadap jumlah oplah. Harus diakui, ketika isu banjir ini dikaitkan dengan politik, cukup besar perhatian publik yang didapat. (Rozi – Kelly )
Artikel Terkait |