Lowongan Kerja : Coordination and Monitoring Officer

30 April 2014
Dibaca : 2715 kali

SEKRETARIAT KELOMPOK KERJA AIR MINUM DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (POKJA AMPL) NASIONAL

Sekretariat Pokja AMPL Nasional, membuka kesempatan bagi professional yang memenuhi kualifikasi sebagai Coordination and Monitoring Officer. Posisi ini mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mendukung kegiatan Sekretariat Pokja AMPL nasional.

Bagi pelamar yang berminat, silahkan mengirimkan: curriculum vitae lengkap, lamaran pekerjaan, ijazah terakhir serta sertifikat lain yang relevan, ke alamat email berikut ini:

alamat email: stafrekruitmen@gmail.com

Batas akhir penerimaan lamaran: 12 Mei 2014

Posisi                           Coordination and Monitoring Officer                 

Jenis kontrak              :  Pegawai Tidak tetap

Duty Station              :  Jakarta

Durasi Kontrak           :  7 bulan – kemungkinan perpanjangan kontrak


Tujuan

Coordination and Monitoring Officer, dibutuhkan untuk membantu Sekretariat Pokja AMPL Nasional dalam melakukan pengawasan terhadap kemajuan pelaksanaan program Water, Sanitation and Hygiene (WASH).

Coordination and Monitoring Officer memiliki peran penting dalam memberikan saran, mengatur koordinasi antar stakeholder  terkait kemajuan, monitoring dan sistem pelaporan terintegrasi. Sistem tersebut akan berfokus pada hasil dan juga dapat mempertimbangkan beberapa aspek verifikasi mendasar.

Coordination and Monitoring Officer akan bertanggung jawab kepada Ketua Sekretariat Pokja AMPL Nasional atau supervisor yang ditunjukkan oleh Bappenas, dan mempunyai garis pelaporan kepada UNICEF WASH.

Hasil kerja dan Capaian Coordination and Monitoring Officer

  1. 1.    Dalam hubungan dengan program UNICEF WASH
  • Mendukung pekerjaan Fasilitator Provinsi terkait koordinasi dengan Fasilitator Kabupaten dalam mencapai tujuan program WASH, menghasilkan laporan Triwulan, berisi kemajuan singkat serta kajian mengenai kesenjangan dan tindakan-tindakan yang dibutuhkan
  • Mendukung tim WASH UNICEF di tingkat Nasional dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, misalnya rekruitmen konsultan, pelaksanaan lokakarya, menghasilkan perencanaan kegiatan yang jelas serta tindak lanjut berdasarkan perencanaan kerja bersama
  • Mendukung pelaksanaan kegiatan kemitraan UNICEF - Bappenas, menghasilkan perencanaan kegiatan yang jelas serta tindak lanjut terhadap perencanaan kerja bersama
  • Menyiapkan laporan kemajuan triwulan untuk disampaikan kepada atasan dan tembusan ke UNICEF. Berpartisipasi dalam diskusi program dan review serta terlibat dalam review tahunan bersama
  • Menyiapkan laporan kegiatan program untuk mendukung proses likuidasi anggaran
  • Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program WASH team fasilitator propinsi, menyampaikan laporan monitoring lapangan kepada Bappenas dan Sekretariat Pokja AMPL Nasional – melakukan kunjungan lapangan setidaknya 1 kunjungan per triwulan
  1. 2.    Dalam hubungan dengan Sekretariat Pokja AMPL Nasional
  • Mendukung koordinasi anggota Pokja AMPL dan team Knowledge Management (KM) di tingkat nasional, melakukan dokumentasi di Sekretariat Pokja AMPL sehingga pendekatan monitoring dapat menghasilkan pembelajaran dan produk Knowledge Management.
  • Melakukan analisa kritis terhadap proses dan pendekatan operasional yang digunakan oleh masing – masing provinsi kemudian menyiapkan laporan terkait analisa kemajuan, keberhasilan dan tantangan.
  • Bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait pengembangan jaringan monitoring – analisa kesenjangan kritis dalam proses dan laporan monitoring kemudian di laporkan kepada Bappenas dan UNICEF pada akhir tahun
  • Secara kritis mengkaji sumber-sumber data baru (misalnya RISKESDAS, SUSENAS, Sensus, dll) untuk menentukan tren yang sedang berlangsung terkait air dan sanitasi di tingkat Provinsi dan Kabupaten – melaporan update pada akhir tahun terkait tren kritis serta kesenjangan dalam kaitannya dengan pendekatan operasional yang sedang digunakan

Kualifikasi Yang Diharapkan :

  1. Sarjana Tehnik Lingkungan / Sarjana Kesehatan Masyarakat atau pasca sarjana gelar di bidang sains/statistic/ilmu sosial/dengan minimal 3 tahun pengalaman (lebih diutamakan 5 tahun) di bidang Program Air Bersih dan Pemberdayaan Masyarakat.
  2. Mempunyai pengetahuan dan pengalaman terkait program nasional penyediaan air dan sanitasi perdesaan, termasuk WASH di sekolah, STBM, PPSP dan berpengalaman bekerja dengan instansi pemerintahan terutama di Kementerian/Lembaga (K/L) Pemerintah Pusat.
  3. Memiliki pengetahuan, kemampuan untuk menggunakan komputer, Microsoft Office termasuk grafis
  4. Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi tulisan dan lisan, termasuk kemampuan untuk berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris
  5. Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri tanpa dukungan kesekretariatan
  6. Memiliki pengetahuan terhadap program Monitoring & Evaluasi berbasis web lebih diutamakan
  7. Mengetahui isu-isu terbaru mengenai pembangunan, kebijakan nasional, masalah ekonomi dan memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan berbagai departemen, lembaga, LSM dan para ahli
  8. Memiliki kemampuan untuk membangun hubungan kerja yang baik; analisis dan ketrampilan negosiasi akan menjadi keuntungan tambahan

Share