Lowongan Kerja : Coordination and Monitoring Officer
30 April 2014
Dibaca : 2715 kali
SEKRETARIAT KELOMPOK KERJA AIR MINUM DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN (POKJA
AMPL) NASIONAL
Sekretariat Pokja AMPL Nasional,
membuka kesempatan bagi professional yang memenuhi kualifikasi sebagai
Coordination and Monitoring Officer. Posisi ini mempunyai tugas dan tanggung
jawab untuk mendukung kegiatan Sekretariat Pokja AMPL nasional.
Bagi pelamar yang berminat, silahkan
mengirimkan: curriculum vitae lengkap,
lamaran pekerjaan, ijazah terakhir serta sertifikat lain yang relevan, ke
alamat email berikut ini:
alamat email: stafrekruitmen@gmail.com
Batas akhir
penerimaan lamaran: 12 Mei 2014
Posisi : Coordination and
Monitoring Officer
Jenis kontrak : Pegawai
Tidak tetap
Duty Station : Jakarta
Durasi Kontrak : 7 bulan – kemungkinan
perpanjangan kontrak
Tujuan
Coordination
and Monitoring Officer, dibutuhkan untuk membantu Sekretariat Pokja AMPL
Nasional dalam melakukan pengawasan terhadap kemajuan pelaksanaan program Water,
Sanitation and Hygiene (WASH).
Coordination and Monitoring Officer memiliki peran
penting dalam memberikan saran, mengatur koordinasi antar stakeholder terkait
kemajuan, monitoring dan sistem pelaporan terintegrasi. Sistem
tersebut akan berfokus pada hasil dan juga dapat mempertimbangkan beberapa
aspek verifikasi mendasar.
Coordination
and Monitoring Officer akan bertanggung jawab kepada Ketua Sekretariat Pokja AMPL Nasional
atau supervisor yang ditunjukkan oleh Bappenas, dan mempunyai garis pelaporan
kepada UNICEF WASH.
Hasil kerja dan Capaian Coordination and Monitoring Officer
- 1. Dalam hubungan dengan program UNICEF WASH
- Mendukung
pekerjaan Fasilitator Provinsi terkait koordinasi dengan Fasilitator Kabupaten
dalam mencapai tujuan program WASH, menghasilkan laporan Triwulan, berisi
kemajuan singkat serta kajian mengenai kesenjangan dan tindakan-tindakan yang
dibutuhkan
- Mendukung
tim WASH UNICEF di tingkat Nasional dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan,
misalnya rekruitmen konsultan, pelaksanaan lokakarya, menghasilkan perencanaan
kegiatan yang jelas serta tindak lanjut berdasarkan perencanaan kerja bersama
- Mendukung
pelaksanaan kegiatan kemitraan UNICEF - Bappenas,
menghasilkan perencanaan kegiatan yang jelas serta tindak lanjut terhadap
perencanaan kerja bersama
- Menyiapkan
laporan kemajuan triwulan untuk disampaikan kepada atasan dan tembusan ke
UNICEF. Berpartisipasi dalam diskusi program dan review serta terlibat dalam
review tahunan bersama
- Menyiapkan
laporan kegiatan program untuk mendukung proses likuidasi anggaran
- Melakukan
monitoring dan evaluasi terhadap program WASH
team fasilitator propinsi, menyampaikan laporan monitoring lapangan kepada
Bappenas dan Sekretariat Pokja AMPL Nasional – melakukan kunjungan lapangan
setidaknya 1 kunjungan per triwulan
- 2.
Dalam
hubungan dengan Sekretariat Pokja AMPL Nasional
- Mendukung
koordinasi anggota Pokja AMPL dan team Knowledge
Management (KM) di tingkat nasional,
melakukan dokumentasi di Sekretariat Pokja AMPL sehingga pendekatan monitoring
dapat menghasilkan pembelajaran dan produk Knowledge Management.
- Melakukan
analisa kritis terhadap proses dan pendekatan operasional yang digunakan oleh
masing – masing provinsi kemudian menyiapkan laporan terkait analisa kemajuan,
keberhasilan dan tantangan.
- Bekerjasama
dengan lembaga-lembaga terkait pengembangan jaringan monitoring – analisa
kesenjangan kritis dalam proses dan laporan monitoring kemudian di laporkan
kepada Bappenas dan UNICEF pada akhir tahun
- Secara
kritis mengkaji sumber-sumber data baru (misalnya RISKESDAS, SUSENAS, Sensus,
dll) untuk menentukan tren yang sedang berlangsung terkait air dan sanitasi di
tingkat Provinsi dan Kabupaten – melaporan update pada akhir tahun terkait tren
kritis serta kesenjangan dalam kaitannya dengan pendekatan operasional yang
sedang digunakan
Kualifikasi
Yang Diharapkan :
- Sarjana Tehnik Lingkungan / Sarjana Kesehatan Masyarakat atau pasca sarjana gelar di bidang sains/statistic/ilmu
sosial/dengan minimal 3 tahun pengalaman (lebih diutamakan 5
tahun) di bidang Program Air Bersih dan Pemberdayaan Masyarakat.
- Mempunyai pengetahuan dan pengalaman terkait program nasional
penyediaan air dan sanitasi perdesaan, termasuk WASH di sekolah, STBM, PPSP dan berpengalaman bekerja dengan instansi pemerintahan terutama di Kementerian/Lembaga
(K/L) Pemerintah Pusat.
- Memiliki pengetahuan, kemampuan untuk menggunakan komputer, Microsoft
Office termasuk grafis
- Memiliki kemampuan dalam
berkomunikasi tulisan dan lisan, termasuk kemampuan untuk berbicara dan menulis
dalam bahasa Inggris
- Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri tanpa
dukungan kesekretariatan
- Memiliki pengetahuan terhadap program Monitoring & Evaluasi berbasis web lebih diutamakan
- Mengetahui isu-isu terbaru mengenai pembangunan, kebijakan nasional, masalah ekonomi dan memiliki
kemampuan untuk bekerjasama dengan berbagai departemen, lembaga, LSM dan para
ahli
- Memiliki kemampuan untuk membangun hubungan
kerja yang baik; analisis dan ketrampilan negosiasi akan menjadi keuntungan tambahan