Programs -
Jejaring Nawasis
Jejaring NawasisJejaring NAWASIS
Tujuan Memfasilitasi pelaku air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) di seluruh Indonesia untuk belajar dan berbagi pengalaman dalam mengelola data AMPL dan mengelola advokasi berbasis data AMPL di daerah di seluruh Indonesia
Keluaran Jejaring yang aktif dan produktif dalam memfasilitasi pembelajaran mengenai pengelolaan data AMPL dan advokasi berbasis data AMPL di daerah bagi seluruh anggotanya
Sasaran Meningkatnya pengelolaan data AMPL di seluruh daerah di Indonesia secara kualitas (akurasi dan validitas) dan kuantitas (distribusi, luas cakupan wilayah)
Peran dan Tanggungjawab Moderator : Tim NAWASIS – PokJa AMPL Pusat Anggota : 1. Anggota PokJa AMPL Provinsi 2. Anggota PokJa AMPL Kabupaten/Kota 3. Fasilitator Pengelolaan Data AMPL di provinsi dan kabupaten/kota 4. Fasilitator Advokasi Berbasis Data AMPL di provinsi dan kabupaten/kota
Kegiatan 1. Berbagi pengalaman dalam mengelola data AMPL termasuk melaksanakan Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga (SABRT) 2. Berbagi pengalaman dalam mengelola advokasi berbasis data AMPL 3. Update mengenai Pelatihan Pengelolaan Data AMPL dan Advokasi Berbasis Data AMPL, termasuk modul, tools, kuesioner, dll 4. Berbagi informasi mengenai peluang kolaborasi antar kabupaten/kota dan/atau antar provinsi dalam pengelolaan data AMPL dan advokasi berbasis data AMPL 5. Berbagi informasi mengenai materi pembelajaran, agenda kegiatan dan berita terkini terkait AMPL
Peran dan Tanggungjawab Moderator: 1. Mencontohkan dan memfasilitasi interaksi yang positif dan produktif antar anggota: a. Meng-approve dan mengundang calon anggota yang relevan b. Memperkenalkan setiap anggota baru c. Memastikan pertanyaan dari anggota direspon, termasuk dengan menyampaikan ke anggota yang dapat menjawab pertanyaan tersebut, tidak lebih dari 24 jam 2. Meningkatkan partisipasi anggota a. Memperkenalkan topik-topik diskusi yang relevan dan terkini ke anggota b. Mengajak atau memperkenalkan anggota yang pasif untuk sharing pengalaman atau pertanyaan yang relevan c. Memfasilitasi pembentukan sub-kelompok – baik ad-hoc maupun permanen - berbeda sesuai dengan minat spesifik termasuk champion sub-kelompok 3. Memfasilitasi pembelajaran antar anggota a. Mempromosikan materi pembelajaran (paper, buku, modul, tips, blog, dll) yang relevan yang pernah dipublikasikan anggota ke milist, atas persetujuan anggota yang bersangkutan b. Mempromosikan materi pembelajaran yang relevan dari non-anggota sebagai bahan diskusi dengan tujuan pembelajaran bersama c. Memfasilitasi anggota dengan kebutuhan belajar atau minat khusus dengan berbagai cara termasuk menghubungkan dengan anggota lain yang memiliki kebutuhan atau minat yang sama atau relevan
Peraturan:
Keanggotaan: 1. Mendaftarkan dan menggunakan akun email yang masih aktif; dilarang menggunakan akun email yang dalam kondisi melebihi kuota (exceeded quota limit) karena akan membuat pengiriman posting ke akun email tersebut mental (bouncing) terus menerus. 2. Gunakan nama asli sebagai handle name dalam mengikuti milist. Mengirimkan posting ke milist: 3. Hanya mengirimkan email yang terkait dengan air minum dan sanitasi/penyehatan lingkungan. 4. Tidak mengirim posting yang bersifat atau berpotensi provokatif, menyerang, mendiskreditkan, meremehkan, sinis atau menjelek-jelekkan anggota atau sekelompok anggota milist. 5. Tidak mengirim posting atau komentar yang secara langsung ataupun tidak langsung menyarankan atau mengarahkan anggota untuk melakukan tindakan melanggar hukum. 6. Tidak mengirimkan posting yang menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras & Antar Golongan) dan berisi atau menyinggung pornografi. 7. Lampiran (attachment) pada posting tidak boleh melebihi 500 kb, lebih dari ini silahkan kirim lewat JAPRI (Jalur Pribadi). 8. Posting dengan subject bebas / OOT (out of topic), termasuk lowongan kerja, selama masih ada kaitannya dengan air minum dan sanitasi diperbolehkan dikirim pada hari Jumat, Sabtu & Minggu. 9. Posting tidak berisi promosi / MLM / memasarkan suatu produk / untuk kegiatan politik & kampanye / surat berantai tanpa ijin tertulis dari moderator. 10.Tidak mengirim posting yang hanya berisi satu baris (one liner), misalnya 'saya juga', 'saya setuju' dan lain-lain. Jika posting atau reply isinya ucapan terimakasih dapat disampaikan melalui email address pribadi (Japri)
12.Tidak mengambil dan menyebarluaskan email address anggota milist untuk kepentingan promosi jasa atau produk secara komersil baik secara langsung maupun melalui pihak ketiga. Etika milist: 13.Sebelum mengirimkan posting pertama kali, perkenalkan diri terutama mengenai pengalaman dan minat spesifik dalam lingkup air minum dan sanitasi. 14.Posting tidak dimoderasi; setiap posting akan langsung terkirimkan ke seluruh anggota milist. Sebelum mengirimkan posting ke milist, periksa apakah posting tersebut pantas dikirim ke JALUM (Jalur umum) atau ke JAPRI (Jalur Pribadi). 15.Sebelum mengirim posting berbentuk pertanyaan, pastikan pertanyaan tersebut belum pernah didiskusikan sebelumnya. Cara memeriksanya, lihat di arsip milist di: https://groups.google.com/d/forum/nawasis 16.Untuk anggota yang
berlangganan milist dengan DIGEST, edit subyek dan/atau isi email sebelum di
kirim ke milis. 17.Jika menemui posting dengan subject
dan/atau isi yang termasuk dalam jenis pelanggaran pada point 3 s/d 10, forward
email tersebut secara JAPRI ke moderator milist. Sebaiknya tidak mereply atau
mengomentari posting tersebut karena akan memperpanjang diskusi yang tidak relevan. 18.Tidak mencuri topik dengan me-reply thread dan mengganti subject karena akan mengacaukan pengelompokan berdasarkan topik dan subject Sanggahan: 19.Anggota milist bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas konten/materi yang ditulis dan di-posting oleh mereka di milist. Anggota juga setuju untuk membebaskan serta tidak membebani milist ini dan pengelola termasuk administrator dan moderator atas segala klaim yang terjadi yang disebabkan oleh pesan yang diposting oleh anggota milist. 20.Pengelola milist berhak untuk menerbitkan segala informasi yang dimiliki tentang anggota pada saat terjadi keluhan dan permasalahan hukum yang disebabkan oleh pesan apapun yang diterbitkan anggota yang bersangkutan. 21.Miist ini dan pengelolanya tidak dapat dituntut untuk segala pernyataan, kekeliruan, ketidak tepatan atau kekurangan pada segala konten yang dikirim oleh anggota milist. 22.Isi dari posting yang ada di milist ini tidak akan diubah oleh pengelola milist dengan cara apapun. Namun, milist ini berhak untuk menghapus pesan yang dianggap tidak sesuai dan melanggar konteks. Apabila anggota menemukan ada pesan yang tidak sesuai dan melanggar, harap hubungi administrator milist ini. 23.Pengelola milist tidak memonitor setiap pesan yang diposting ke milist ini setiap saat. Apabila anggota menemukan ada pesan yang tidak sesuai dan melanggar, harap hubungi Administrator milist ini. 24.Peraturan diatas dapat sewaktu waktu berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sangsi: 25.Anggota yang melanggar point 3 s/d 12 peraturan ini akan diperingatkan oleh moderator secara tertulis dan tertutup. 26.Anggota yang melanggar point 3 s/d 12 untuk kedua kalinya akan di-unsubscribe (dikeluarkan) dan di-ban (dilarang menjadi anggota milist kembali). Pengelola milist juga akan merekomendasikan PokJa AMPL untuk mempertimbangkan status anggota sebagai pelaku air minum dan sanitasi di Indonesia. 27.Jika moderator mendapatkan informasi mengenai calon anggota yang mengajukan permohonan untuk bergabung dalam milist ternyata pernah di-ban dan menggunakan akun email yang berbeda, maka moderator berhak mengabaikan permintaan yang bersangkutan. Anggota yang telah di-ban dari milist dapat mengajukan menjadi angota milist setelah ada persetujuan dari PokJa AMPL. 28.Jika moderator mendapatkan informasi bahwa calon anggota yang mengajukan permohonan untuk bergabung dinilai mempunyai tujuan yang tidak sesuai dengan misi PokJa AMPL, maka moderator berhak mengabaikan permintaan yang bersangkutan. Tata cara mengirim posting: 29.Alamatkan email ke nawasis@googlegoups.com Contoh,
di subyeknya dituliskan: 30.Periksa kembali sebelum mengirimkan posting ke milist. Untuk menghemat bandwith, buang bagian email yang tidak diperlukan misalnya:
31.Posting tidak perlu menggunakan bahasa terlalu formal. Gunakan bahasa yang santai namun tetap bermakna dengan agar lebih akrab.
Email-email penting:
Terimakasih
atas kesediaan Anda untuk turut menjaga ketertiban dan kenyamanan milist ini.
|