Yayasan Mega Bintang Bangun Sarana Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 27 Oktober 2005
Kategori:Air Minum
KOTA- Yayasan Mega Bintang membangun sarana air bersih di Desa Songbledeg, Paranggupito, Wonogiri, senilai Rp 270 juta. Fasilitas yang kini dinikmati 255 keluarga sekitar itu diresmikan akhir pekan lalu, oleh Ketua Yayasan Mudrick SM Sangidu.

''Daripada geger soal politik yang setiap hari membuat pusing, lebih baik kami memfokuskan diri membantu masyarakat kecil di pedesaan yang makin susah karena diimpit situasi dan kondisi,'' ujar Mudrick, kemarin.

Menurut tokoh PPP itu, fasilitas yang dibangun berupa 10 bak air volume tiga meter kubik, dua buah bak air volume 12 m3, serta bak besar volume 24 m3. Bak itu untuk menampung air yang diambil dari sumber di atas perbukitan Gua Kutah.

''Kami harus membangun jaringan pipa sepanjang empat kilometer yang membentang dari asal sumber air ke Desa Songbledeg. Air bisa tersalurkan dengan debit tiga-empat liter/detik dan sangat membantu warga karena mereka tidak perlu lagi menggendong klenthing (tempat air dari tanah) atau jerigen ke atas bukit,'' paparnya.

Selama ini, tutur dia, sudah banyak bantuan sarana air bersih yang disalurkan oleh berbagai lembaga, tetapi ternyata selalu gagal dan tidak terwujud karena berbagai kendala. ''Kemudian kami datang dan membangun sarana air bersih tersebut, sehingga dalam jangka panjang warga tidak lagi perlu ngangsu (mencari) air sampai berkilo-kilometer,'' kata dia. (an-27s)

Post Date : 27 Oktober 2005