Wilayah Pantura Kekurangan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 04 September 2006
Kategori:Air Minum
SEMARANG - Sejumlah wilayah di pantura yang membentang dari Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, kesulitan air bersih. Anggota Komisi A DPRD Jateng yang juga Ketua Fraksi PKS Abdul Fikri Faqih, saat melakukan reses menemukan bahwa masyarakat di Tanjung, Bulakamba, Wanasari, Brebes, Randusanga, Margadana, Tegal Barat, Kramat, Suradadi, dan Warurejo juga kesulitan mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari.

''Penyebab utama kesulitan air adalah penambahan permukiman yang tidak diiringi dengan pemasangan instalasi air. Air bersih dari sumber air yang berada di wilayah tersebut justru dijual ke perusahaan air mineral yang saat ini tumbuh menjamur di sekitar kaki Gunung Slamet,'' tutur Fikri di Semarang, Sabtu (2/9).

Dia mengutarakan, di Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampok, Brebes yang merupakan pusat sumber mata air untuk perusahaan daerah yang memfokuskan usaha pengelolaan air justru kekurangan air. Daerah tersebut mengalami kekeringan. Diduga penyebabnya adalah eksploitasi besar-besaran sumber air, sehingga mengakibatkan sumur warga kering.

Pihaknya juga menemukan di kaki Gunung Slamet itu ada sejumlah perusahaan air mineral yang memanfaatkan sumber air daerah tersebut untuk diolah menjadi air minum kemasan. Perusahaan air mineral di daerah itu tak hanya satu, namun cukup banyak dengan merek terkenal.

''Pesawahan yang berada di sekitar desa tersebut saat ini tidak bisa ditanami padi karena suplai air untuk irigasi tidak mencukupi, tambah Fikri.

Kompensasi

Dalam reses yang dilakukan di daerah tersebut, Fikri juga mendapat pengaduan dari warga tentang realisasi tentang rencana uang kompensasi Rp 90.000 yang dijanjikan perusahaan pengelola air tersebut, yang pemberiannya akan dilakukan setiap bulan.

Menurut anggota Komisi A DPRD Jateng itu, meski ada uang kompensasi untuk warga, semestinya perusahaan itu dalam mengeksploitasi air jangan sampai menyengsarakan kehidupan masyarakat. ''Setidaknya perlu ada prioritas alokasi air guna memenuhi kebutuhan air bersih dan kebutuhan pertanian di daerah sekitar,'' paparnya. (H7,G17-59d)

Post Date : 04 September 2006