Wawali Sidak Pembuangan Sampah

Sumber:Bali Post - 05 Oktober 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Denpasar (Bali Post) Prediksi akan terjadinya penumpukan sampah pada hari raya Galungan direspons Wakil Wali (Wawali) Kota Denpasar I.B. Rai D. Mantra, S.E., M.Si. dengan melakukan sidak ke sejumlah lokasi pembuangan sampah serta tempat-tempat umum lainnya, Senin (3/10) kemarin. Sejumlah pasar tradisional dan terminal juga sempat ditinjau untuk memastikan tersedianya kebutuhan pangan dan terjaganya rasa aman di kalangan pedagang.

Saat meninjau lokasi, Rai D. Mantra berkoordinasi dengan pemegang otoritas di lokasi, seperti para kepala pasar dan terminal dengan melibatkan instansi terkait. Ia meminta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) melakukan pengolahan sampah secara cermat dan rutin untuk menghindari penumpukan sampah di satu lokasi.

Setelah meninjau tempat pembuangan sampah dan pasar, Wawali juga meninjau sungai. Di sejumlah sungai, ia menemukan onggokan sampah. Ia kemudian meminta Dinas PU Kota Denpasar segera melakukan penggelontoran sampah di alur Tukad Badung. ''Pemerintah Kota Denpasar telah berusaha mengolah sampah dengan sebaik-baiknya, namun partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan program ini,'' jelasnya.

Dalam sidaknya, Wawali didampingi Kadis DKP A.A. Gede Oka, S.H., Plt. Kadis Lingkungan Hidup, Plt. Kadis Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan jajaran instansi terkait lainnya. Rombongan juga sempat meninjau Terminal Gunung Agung, Pasar Loak Gunung Agung, Pasar Badung, Pasar Kreneng, Pertokoan Gajah Mada, Sungai Teba, Tukad Badung, TPS Monang Maning, SMUN 7 serta kawasan perumahan.

Tampak hadir pula pejabat dari Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Bali dan Nusa Tenggara serta para camat se-Kota Denpasar. Sidak kebersihan lingkungan ini untuk mengantisipasi datangnya musim hujan dan hari besar keagamaan. (044)

Post Date : 05 Oktober 2005