Waspada Kemungkinan Wabah Diare!

Sumber:Indopos - 10 Oktober 2007
Kategori:Sanitasi
SEMARANG - Momen Lebaran saat musim pancaroba seperti saat ini harus diwaspadai. Jika tak memperhatikan faktor kebersihan, tidak tertutup kemungkinan akan terjadi wabah diare.

Karena itu, Dinas Kesehatan Jateng berharap masyarakat membiasakan hidup sehat. Meski saat ini sesekali turun hujan, namun secara umum masih berada dalam musim kemarau yang kering.

Menurut Kepala Dinkes Jateng dr Hartanto, musim kemarau yang kering menyebabkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih. Akibatnya, perilaku hidup sehat masyarakat akan berkurang, seperti tidak mencuci tangan sebelum makan. Ini perlu diwaspadai, bisa saja muncul KLB wabah diare, jelas Hartanto.

Hartanto berharap masyarakat tetap memperhatikan pola hidup sehat agar terhindar dari penyebaran penyakit. Apalagi lalu lintas pemudik yang padat juga berpotensi menularkan penyakit.

Pemudik yang datang dari berbagai arah dimungkinkan membawa penyakit karena kurangnya kebersihan diri dan lingkungan. Penyakit tersebut bisa menyebar saat pemudik memasuki wilayah tertentu.

Lalulintas pemudik yang begitu tinggi menyulitkan pemantauan. Karena itu, kami hanya bisa berharap agar masyarakat waspada dengan menjaga kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya, ujarnya.

Hartanto menyebutkan, penyakit menular yang mungkin berkembang dalam eksodus pemudik antara lain diare, flu, penyakit kulit, dan lain-lain. Meski hanya penyakit ringan, namun jika tidak diwaspadai, bisa menimbulkan KLB.

Selain itu, Dinkes juga memantau peredaran makanan dan minuman. Meski tak mengetahui secara rinci, Hartanto menyebutkan di beberapa daerah ditemukan produk kedaluwarsa. (ton)



Post Date : 10 Oktober 2007