Warga Windurojo Kesulitan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 06 Agustus 2009
Kategori:Air Minum

KAJEN - Sekitar 500 keluarga di Desa Windurojo, Kecamatan Kesesi mengeluh kesulitan air bersih. Mereka harus berjalan kaki sejauh 1 km untuk mengambil air di sumber mata air.

Casmari (50), warga Dusun Serang mengatakan dia  dan warga lain harus berjalan kaki melewati jalan perbukitan sekitar 1 km untuk mengambil air.
’’Kami harus menuju ke hutan Larangan, sebab di sana ada sumber air,’’ ujarnya.

Sumber air yang dimaksud adalah merupakan sebuah belik dengan ukuran diameter 2 meter  dan kedalaman sekitar 50 cm. Di belik itulah sekitar 120  warga Dusun Serang memanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kepala Desa Windurojo Rohmat mengatakan, selain di Dusun Serang di dusun lainnya juga  mengeluhkan hal yang sama. ’’Sekitar 500 keluarga di desa kami kesulitan air bersih,’’ jelasnya.

Proposal

Di sekitar desanya, kata dia, ada dua mata air namun  jaraknya antara 1 - 2km. Sementara sumur warga tidak ada yang keluar airnya. ’’Jadi terpaksa warga harus jalan kaki, kalau yang punya mobil ya pakai mobil,’’ tuturnya.

Selaku kades, dia mengaku sudah melaporkan hal itu ke Pemkab dan mengajukan proposal pengadaan sarana air bersih.
’’Desa kami sudah ditinjau dari DPU, namun sampai sekarang belum terealisasi,’’ jelasnya.

Direktur PDM Kabupaten Pekalongan Dharmadji saat dikonfirmasi mengaku belum pernah menerima laporan  adanya desa yang kesulitan air bersih. ’’Jika ada  laporan kami siap bertindak dan sudah menyiapkan sedikitnya lima bak untuk droping air bersih,’’ tuturnya, belum lama ini.

Pihak desa yang warganya kesulitan air bersih diminta melapor ke Bupati Hj Siti Qomariyah. Nantinya Bupati akan  memberikan disposisi ke PDAM untuk segera melakukan pengedropan air bersih. (G16-52)



Post Date : 06 Agustus 2009