Warga Tiga Desa Kesulitan Air

Sumber:Suara Merdeka - 06 Oktober 2009
Kategori:Air Minum

PEMALANG - Warga di Desa Clekatakan, Pegenteran, Kecamatan Pulosari dan Desa Gombong, Kecamatan Belik, Pemalang kini kesulitan air bersih. Persoalan itu kemarin dibahas PDAM Tirta Mulia, Pemalang. Juga dibahas kemungkinan kerja sama dengan Kabupaten Purbalingga dalam pemanfaatan sumber air di daerah tetangga itu.

Dalam rapat itu hadir Direktur PDAM Tirta Mulia Aji Setya Budi SE MSI, Asisten Bidang Perekonomian Drs Joko Sijanto MSi, Kepala Bagian Perekonomian Drs Tutuko Raharjo MSi, Ketua Tim Pengawas PDAM Drs Sularso dan para staf PDAM.

Aji mengatakan di tiga desa itu ada 2.400 penduduk yang membutuhkan air bersih. Pihaknya telah menerima surat usulan dari warga untuk berlangganan air bersih kepada Kabupaten Purbalingga melalui sumber mata air Sikopyah. ’’Oleh karena itu hari ini (kemarin-red) kami akan membahasnya,’’ katanya sebelum rapat dimulai.
Konsep Menurutnya, ada beberapa konsep untuk menjalin kerja sama dengan Kabupaten Purbalingga atas pemanfaatan sumber air Sikopyah. Di antaranya apakah warga berlangganan langsung dengan PDAM Purbalingga apakah dengan PDAM Pemalang.

Sedangkan Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Mulia Ronius DH SH menjelaskan, jika dikelola oleh PDAM Pemalang maka harus dibangun reservoir minimal 200 m3. Sesuai dengan kuota untuk masyarakat Desa Gombong, Clekatakan dan Pagenteran. Tarif air yang diberlakukan rumah tangga golongan C Rp 1.200 atau tidak membuat reservoir. Sedangkan tarif yang diberlakukan rumah tangga golongan C Rp 1.200 progresif. Ditambah abunemen untuk perawatan meter air dan administrasi Rp 60.000 plus pemakaian.

Beberap konsep pelayanan yang dibahas kemarin merupakan penawaran dari pihak Purbalingga. Kini belum dipilih mana yang cocok. Karena masih perlu penjajakan dan melihat kemampuan anggaran yang ada.(sf-52)



Post Date : 06 Oktober 2009