Warga Terpaksa Jual Ternak untuk Beli Air

Sumber:Suara Merdeka - 16 Juli 2007
Kategori:Air Minum
YOGYAKARTA - Kebutuhan air bersih di sejumlah tempat, tak bisa ditunda. Penduduk di beberapa wilayah di Sleman dan Gunungkidul beberapa waktu terakhir, terpaksa menjual ternak untuk membeli air bersih. Maklum, saat kemarau, keperluan air sangat mendesak. Berdasar data Pemkab Gunungkidul, 16 dari 18 kecamatan, sangat memerlukan air bersih. Mereka menunggu bantuan karena sumber air untuk konsumsi sudah menipis.

Sebab, sumber air yang ada mulai mengering. Memang untuk keperluan lain seperti mencuci masih ada air yang tersisa di telaga-telaga. Terkait masalah tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, Pemkab sudah memiliki 11 mobil tangki. Namun jika dibanding dengan wilayah yang harus dicapai saat pengedropan, armada Pemkab masih kurang. Karena itu, dia berharap Pemprov dan pusat turut membantu.

Beli Air

Kondisi serupa melanda 24 dusun dari lima desa di Kecamatan Prambanan, Sleman. Kelimanya adalah Desa Sumberrejo (7 dusun), Wukirharjo (5 dusun), Gayamharjo (4 dusun), Madurejo (1dusun), dan Sambirejo (7 dusun). Bahkan Warga terpaksa menjual ternak untuk membeli air bersih.

"Sejak Juni lalu, sudah empat kambing saya jual untuk membeli air. Bagaimana lagi, kalau tidak begitu tak bisa memperoleh air bersih," keluh Hamdani, yang telah menjual kambing Rp 425.000/ekor, Sabtu (14/7).

Dia sebenarnya tak rela melepas kambing dengan harga sebesar itu. Seharusnya, kambing laku Rp 600.000/ekor. Namun karena kebutuhan air sangat mendesak, dia tak bisa menunda lagi. Keluarga sangat memerlukan air untuk minum dan memasak.

Terkadang, Pemkab memang memberi bantuan lewat pengedropan. Namun menurutnya, jumlah bantuan masih kurang. Setiap hari, hanya enam tangki yang mengedrop untuk 24 dusun. Akibatnya, mereka harus mencari tambahannya.

"Kami urunan membeli 7.000 liter atau satu tangki. Harganya Rp 70.000. Setiap kali memerlukan air bersih, kami selalu urunan. Kalau pas tidak ada duit, ya jual kambing," tutur dia. (D19-72)



Post Date : 16 Juli 2007