Warga Tegalrejo Berharap Bantuan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 07 September 2007
Kategori:Air Minum
GROBOGAN-Sebagian besar Warga Desa Tegalrejo Kecamatan Wirosari mulai kesulitan mencari air bersih di musim kemarau ini. Sejumlah sumur dan sumber mata air yang selama ini menjadi sandaran warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih mulai mengering. Akibatnya secara bergantian mereka memanfaatkan tiga sumur artesis yang selama ini masih memancarkan air. ''Tiga sumur itu terletak di Dusun Teges, Krajan dan Sodo. Sedangkan warga dusun lainnya yakni Pendem, dan Duwet apabila membutuhkan air harus antri di tempat tersebut,'' kata Kades Tegalrejo Sunaryo kemarin.

Ditambahkan, khusus untuk sumur yang terletak di Dusun Krajan diperkirakan airnya dimanfaatkan oleh warga dari 19 RT. Jumlah tersebut baru sebatas warga Dusun Krajan. Jika kemudian ditambah warga dusun lain maka jumlahnya jelas semakin banyak.

Dengan demikian, menjadi pemandangan biasa apabila setiap kemarau selalu terjadi antrian panjang di setiap sumur artesis. ''Sebenarnya ada beberapa mata air seperti sumber Banyu Urip di desa kami. Akan tetapi begitu musim kemarau, mata air tersebut turut mengering,'' papar dia.

Butuh Bantuan

Untuk itu, menurut Kades Tegalrejo, bantuan air bersih bagi warga sangat diharapkan. Khususnya untuk warga tiga dusun yang belum memiliki sumur artesis. Diperkirakan, jumlah warga di tempat ini mencapai 1.700 keluarga yang membutuhkan bantuan air. ''Disini air begitu sulit dicari saat musim kemarau. Apabila kemudian ada bantuan air bersih kami sangat bersyukur,'' ucap seorang warga Dusun Pendem.

Direktur PDAM Purwodadi Ir Mulyadi SP mengatakan, pihaknya siap menyalurkan bantuan air bersih di beberapa kecamatan yang rawan kekeringan. ''Silahkan mengirim surat langsung ke Pemkab untuk meminta bantuan air bersih. PDAM siap mengirimkan air ke desa tersebut,'' ujar Mulyadi.

Disebutkan mulai Minggu-Rabu (26/8-19/9) PDAM juga tengah mengirimkan sejumlah bantuan ke beberapa tempat. Tidak menutup kemungkinan jika kemudian ada permintaan resmi dari pihak desa, bantuan air bisa disalurkan bersamaan jadwal yang telah ada. (H41-16)



Post Date : 07 September 2007