Warga Sekitar Pantai Kekurangan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 24 November 2006
Kategori:Air Minum
KAJEN - Sebagian besar warga di kecamatan sekitar pantai Kabupaten Pekalongan kekurangan air bersih. Pasalnya, 60 % lebih air sumur di daerah itu tercemar air laut.

Kasubbid Permukiman, Tata Ruang, dan Lingkungan Hidup Bappeda Slamet Marsudiyanto mengatakan, jika dibandingkan dengan daerah pegunungan, tingkat kebutuhan air bersih warga pesisiran lebih banyak. Pasalnya, tingkat pencemaran air laut makin parah dan sulit dikendalikan.

Beberapa kecamatan di daerah pantai yang kekurangan air bersih adalah Tirto, Wiradesa, Siwalan, dan Wonokerto.

''Beberapa program telah kita lakukan, baik pembangunan sumur maupun program penyehatan lingkungan,'' ujarnya di sela-sela pelaksanaan Lokakarya Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL), kemarin.

Kesulitan pemenuhan kebutuhan air bersih di daerah sekitar pantai lebih sulit karena tingginya tingkat pencemaran dari laut dan sungai. Namun tingkat pencemaran dari laut masih lebih tinggi.''Sementara di daerah pegunungan masih banyak sumber air, sehingga program yang dilakukan cukup dengan pemasangan pipa,'' tuturnya.

Lokakarya

Selama tiga tahun terakhir, Pemkab Pekalongan telah menganggarkan dana Rp 3,5 miliar lebih guna pemenuhan kebutuhan air bersih. ''Untuk mengatasi persoalan kebutuhan air bersih, hari ini (kemarin-Red) kita menggelar lokakarya dengan mengundang berbagai elemen untuk memberi masukan,'' ujarnya.

Lokakarya AMPL dimaksudkan menyusun langkah-langkah strategis untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Sebab, penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan adalah persoalan bersama dan telah menjadi isu internasional.

Pada pembukaan acara itu, Wakil Bupati H Wahyudi Pontjo Nugroho mengatakan, peran serta masyarakat dalam program AMPL harus ditingkatkan. ''Dengan begitu, penanganan masalah bisa lebih terarah dan terstruktur,'' tegasnya.

Lokakarya yang digelar di aula lantai I Setda itu, diikuti berbagai peserta dari unsur asosiasi pengusaha, LSM, dan instansi terkait. Pada forum itu diharapkan bisa tersusun visi-misi strategis AMPL. (G16-54d)



Post Date : 24 November 2006