Warga Ramai-Ramai Beli Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 06 Agustus 2012
Kategori:Air Minum
SLEMAN – Warga di pegunungan Prambanan ramai-ramai membeli air bersih dari tangki swasta untuk mencukupi kebutuhan air saat perayaan Lebaran mendatang. 
 
Kepala Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan Sukardi mengatakan,warga yang memiliki bak penampungan air, sejak awal Ramadan sudah banyak yang membeli air. Untuk satu tangkinya, satu tangki air oleh penjual dihargai antara Rp60 ribu sampai Rp80 ribu. “Bak penampungan saat ini sudah pada dipenuhi,begitu juga untuk bak masjid dan musala,”katanya,kemarin. 
 
Menurut Sukardi, untuk memenuhi kebutuhan satu keluarga, rata-rata satu tangki air bersih bisa bertahan sampai dengan 1 bulan. Dia melihat, banyaknya warga yang sudah melakukan persiapan pembelian air bersih, diperkirakan stok air bersih sampai Lebaran mendatang sudah aman. “Belum lama ini ada kiriman bantuan air bersih, namun karena bak penampungan masih penuh akhirnya ditolak,kemungkinan setelah Lebaran nanti baru banyak permintaan air,”paparnya. 
 
Warga yang melakukan persiapan Lebaran dengan membeli air bersih tidak hanya terdapat di Desa Sambuirejo.Kepala Desa Wukirharjo Samijan secara terpisah menyatakan, sudah menjadi kebiasaan setiap tahun,menjelang Lebaran warga di desanya yang secara ekonomi mampu melakukan persiapan kebutuhan air dengan membeli dari tangki swasta. 
 
Untuk satu tangki air bersih, penjual menghargai antara Rp100 ribu sampai Rp120 ribu, tergantung dari jarak tempuh. “Bagi warga yang kurang mampu, sampai saat ini masih bertahan mengambil air dari belik,” tuturnya. muji barnugroho


Post Date : 06 Agustus 2012