Warga Pisma Bebel Keluhkan Air Kotor

Sumber:Suara Merdeka - 29 Mei 2007
Kategori:Air Minum
KAJEN - Warga Perumahan Pisma Griya Permai II Desa Bebel, Wiradesa, Kabupaten Pekalongan mengeluhkan kondisi air bersih yang tidak sehat. Nugroho (35), salah seorang warga mengatakan, warga perumahan di Bebel dan sekitarnya sangat membutuhkan air bersih.

Pasalnya sumur-sumur warga yang selama ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tidak sehat. "Saya dan keluarga sering gatal-gatal," tandasnya.

Hal senada disampaikan Wiwin (30), warga Bebel yang lain. Dia meminta pemkab merespons keluhan warga. Direktur PT Pisma Gajah Putera H Ricsa Mangkulla saat dikonfirmasi mengakui adanya keluhan dari warga perumahan. "Selaku pengembang kami telah mengajukan usulan pengadaan jaringan ke PDAM sejak 2004 lalu," tuturnya.

Namun, sampai saat ini belum ada realisasi dari PDAM. "Beberapa waktu lalu kami kembali menanyakan ke PDAM, namun semua beban biayanya malah dibebankan ke pengemba ng,"katanya.

Pihaknya mengharap Pemkab mau membantu karena tidak mungkin semua beban dilimpahkan ke pengembang.

Di tempat lain, kata dia, ada pembagian pembiayaan untuk pengadaan jaringan. Dia berharap Pemkab atau PDAM tidak memberlakukan standar ganda. Sebab, semua warga kabupaten termasuk warga perumahan Pisma juga berhak mendapatkan layanan air bersih.

Fokuskan Jaringan

Kabag Perekonomian Pemkab Muritno saat dikonfirmasi menandaskan, saat ini pihaknya masih membenahi PDAM. Dia mengakui ada keluhan dari warga Bebel dan Wonokerto yang membutuhkan air.

Menurut dia, saat ini PDAM masih memfokuskan jaringan di daerah Kedungwuni dan Sragi. "Tahun ini, kami persiapan pengadaan jaringan untuk Wiradesa dan Wonokerto. Namun, realisasinya baru tahun depan," paparnya.

Soal biaya yang dikeluhkan, kata dia, tidak akan sepenuhnya dibebankan kepada pengembang. (G16-61)



Post Date : 29 Mei 2007