Warga Nogosari Mulai Kekurangan Air Bersih

Sumber:Jawa Pos - 16 September 2009
Kategori:Air Minum

BANTUL - Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tahun saat musim kemarau tiba debit air yang ada di sumur dan sumber mata air berkurang. Hal itu mengakibatkan sebagian warga Bantul yang tinggal di daerah dataran tinggi mengalami kekurangan air bersih, baik untuk kebutuhan masak, minum, mandi, mencuci dan lainnya.

Sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab bersama PKK Bantul, bersama RSUD Panembahan Senopati, PDAM, Kesbanglinmas, Musyawarah Guru Lintas Sekolah (MGLS) Bantul Selasa kemarin melakukan aksi sosial dengan mengirimkan air bersih sebanyak dua tangki di Dusun Nogosari, Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul.

"Drooping air ini wujud keprihatinan kami atas kekeringan yang melanda kampung ini, sehingga mereka sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," kata Ida Idham Samawi kepada wartawan disela-sela aksi droping air bersih di Dusun Nogosari, Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, Selasa kemarin (15/9).

Ida menambahkan droping air tidak hanya diberikan kepada warga Dusun Nogosari, Desa Selopamioro, saja tapi juga warga lain yang tinggal di Desa Mangunan, Dlingo. Menurut rencana, hari ini drooping air akan dilakukan di Mangunan Dlingo sebanyak 26 tangki. "20 tangki berbentu air bersih sedangkan sisanya uang tunai," terang Ida.

Kepala Desa Selopamioro, Sukro Nur Harjono mengaku bersyukur atass bantuan air bersih. Sebab, air bersih sangat bermanfaatn bagi warga Nogosaro Selopamioro. Menurut Sukro, bantuan air bersih setidaknya dapat mengurangi beban warga. Sebab, untuk mendapattkan air bersih biasanya warga harus menempuh perjalanan hingga dua kilo meter dari rumahnya. "Dengan drooping air ini, warga tidak lagi menempuh perjalanan panjang untuk mendapatkan ari bersih," pinta Sukro.

Salah satu warga Nogosari, penerima air bersih, Wagiyo, 56, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan air bersih. Sebab, setiap harinya ia harus mengambil air hingga tiga kali untuk kebutuhan memasak dan minum. Sedangkan untuk mandi keperluan mandi ia mengandalkan sumber mata air Sendang Nogosari.

"Saat musim kemarau, susah mas cari air bersih. Dengan bantuan drooping air, setidaknya dapat mengurangi beban kami sekeluarga," kata Wagiyo. (mar)



Post Date : 16 September 2009