Warga Noborejo Harapkan Droping Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 20 Desember 2006
Kategori:Air Minum
SALATIGA- Warga yang tinggal di RT 2 RW IV Purwosari Kelurahan Noborejo Kecamatan Argomulyo Salatiga sudah beberapa waktu terakhir kesulitan air bersih. Meski kemarau panjang telah berlalu dan hujan telah sering mengguyur daerah itu, debit air di sumur ternyata belum juga banyak.

Akibatnya hingga kini masih banyak sumur warga di wilayah tersebut yang belum ada airnya. Berbagai cara sudah ditempuh pemilik sumur, di antaranya dengan menggali lebih dalam. Namun menurut Karmin (41) warga setempat air belum juga muncul di dasar sumur. "Saya sudah mendalamkan sumur saya empat meter yang dulunya 15 meter. Meski ada air namun hanya beberapa ember saja," tuturnya Selasa (19/12). Dijelaskannya, kondisi sumur miliknya masih jauh lebih baik dibanding beberapa sumur milik tetangganya.

Puluhan sumur yang hingga kini masih mengering di antaranya milik Koyin, Nardi, Sumaji, Puryanto, Sodik, Tugiman, Yudi, Sumi, dan masih banyak lagi lainnya. Dua sumur tertua yang ada di wilayah itu dan selama ini tidak pernah kehabisan air pun, kali ini mengering.

Menurut warga lainnya Sumarno (60), kekeringan seperti saat ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Namun beberapa tahun terakhir hal itu terus saja terjadi sejak beberapa pabrik berdiri di dekat kawasan tersebut. "Pabrik-pabrik itu menggunakan sumur bor sehingga air di wilayah kami menjadi kian menyusut. Bahkan ada juga pabrik yang memiliki dua sumur bor yang debit airnya hingga kini masih deras sekali," paparnya.

Setiap kali menjelang musim kemarau, lanjutnya, warga di wilayahnya harus terus memperdalam sumur yang dimilikinya. Dari 58 keluarga di kampung itu, rata-rata setiap rumahnya memiliki sumur. "Dulu kedalaman sumur disini hanya sekitar 10-15 meter saja airnya sudah bagus. Tapi kini 20 meter saja airnya sedikit sekali," tandasnya.

Sumarno berharap Pemkot Salatiga memberikan droping air bersih ke wilayah itu secepatnya.

Segera Dikirimkan

Kepala Kantor Inkom Pemkot Drs Petrus Resi MSi mengatakan, jika memang kondisi masyarakat di daerah Noborejo masih kekurangan air dia akan meminta izin kepada wali kota atau Wawali agar dilakukan droping air bersih, bekerja sama dengan PDAM.

Direktur PDAM H Darminto SE MM menjelaskan pihaknya akan mengirimkan air bersih, setelah mendapat persetujuan dari pemkot. Darminto memaparkan pula jika PDAM dalam tahun anggaran 2007 akan membuat sumur artetis dan jaringan PDAM untuk disalurkan kepada masyarakat di Noborejo. (H23,H2-16)



Post Date : 20 Desember 2006