Warga Minta Jaringan Pipa Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 21 Juli 2009
Kategori:Air Minum

SEMARANG (SI) – Warga Kalialang, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang mendesak saluran pipa air bersih segera tersambung ke pemukiman.

Sebab jika pipa tersebut telah sampai ke rumah warga, kebutuhan air bersih di musim kemarau bisa tertangani maksimal. ”Saat ini sambungan pipa itu masih di jalan. Jika pipa itu sudah masuk pemukiman, pastinya segera bisa terus menerus mendapatkan air bersih,”terang Lurah Sukorejo Taat kemarin.

Beberapa waktu lalu,kata Taat, sejumlah warganya telah mendapatkan bantuan air bersih dari Pemkot Semarang. Dia mengatakan, bantuan dari Pemkot tersebut langsung dibagikan kepada warga yang mengalami kekurangan air bersih memasuki musim kemarau tahun ini.”Jadi jika habis menunggu droppinglagi,”ujarnya.

Selama ini, lanjut Taat, untuk mendapatkan air bersih,warga setempat harus berjalan kaki sejauh tiga kilometer ke Sendang Gayam. Itupun hanya mendapatkan 3 sampai 4 ember. Sehingga hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan air seperti memasak,mandi,dan minum dalam satu hari saja.”

Apalagi, debit airnya juga terus berkurang,” katanya. Sementaraitu,DirutPDAM Tirta Moedal Sulistyo mengatakan, pasokan air baku dari Kali Garang dan Kudu masing-masing mempunyai suplai air hingga 400 liter/detik. Pasokan ini dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan air hingga musim penghujan mendatang. (muh slamet)



Post Date : 21 Juli 2009