Warga Masih Kesulitan Air Bersih

Sumber:Indopos - 24 Oktober 2007
Kategori:Air Minum
NGAWI - Meski hujan mulai mengguyur sebagian besar wilayah Ngawi, masalah kekurangan air bersih masih menghantui. Seperti yang dialami warga Dusun Genengan, Desa/Kecamatan Bringin. Menjelang lebaran lalu mereka disibukkan dengan kegiatan menimbun air bersih untuk persediaan minum dan menjamu tamu di hari raya. Namun, pasca lebaran masalah kekurangan air belum juga tuntas.

Di wilayah itu, sejak hari lebaran lalu baru turun hujan sekali. Hal itu belum mampu menjawab problem kekurangan air bersih yang dirasakan warga. Sumur-sumur rumah tangga masih banyak yang kekeringan. Harapan warga mendapatkan air bersih kembali tertuju ke sungai yang ada di desa tersebut. "Soalnya di sini masih jarang turun hujan, baru turun sekali saja," kata salah seorang warga kemarin.

Daerah ini sering diagendakan mendapat kucuran bantuan air bersih termasuk dari lembaga swasta. Namun sayangnya bantuan malah sering nyasar ke daerah lain. Menurut Loloasih, warga lainnya, bantuan air bersih ke dusunnya pernah nyasar ke desa lain yang airnya masih.cukup seperti ke Krompol atau Mojo.

Untuk mencari air, warga Genengan masih harus berjalan kaki naik turun sekitar 3-5 kilometer ke belik yang ada di sungai. Belik ini menjadi jujugan ratusan warga, sehingga bila terlambat sedikit saja seringkali air belik sudah habis.

Seorang siswa SD bernama Fresti mengaku seringkali dia tidak mandi saat ke sekolah karena air yang tersedia di rumahnya hanya cukup untuk keperluan minum dan memasak. "Kalau ada air ya mandi, kalau tidak hanya cuci muka," katanya polos.

Kesulitan air bersih memang sering melanda warga di sebagian wilayah di Ngawi. Apalagi saat ini kerusakan lingkungan makin banyak dan cadangan air permukaan makin menipis karena dieksploitasi tanpa kendali.(ari)



Post Date : 24 Oktober 2007