Warga Mandalawangi Kesulitan Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 12 April 2012
Kategori:Air Minum
BANDUNG – Hingga saat ini, kebutuhan air bersih masih menjadi sesuatu yang langka bagi sebagian warga di Kabupaten Bandung. Salah satunya, warga Kampung Cantel, Desa Margaasih, Kecamatan Cicalengka,yang berada di kaki gunung Mandalawangi sering kali kesulitan air bersih, terutama ketika musim kemarau melanda daerah ini. 
 
”Memang kalau musim kemarau, sumur-sumur warga jadi kering, termasuk sumber mata air,” ujarRohaeti,35,wargasetempat, saat ditemui di lokasi,kemarin. Kepala Desa Margaasih Eman Komarudin mengakui wilayahnya seringkalikesulitanair saat musim kemarau.Termasuk sumur warga dan sumber mata air juga kering.Akan tetapi, air tanah di wilayahnya masih bisa diakses asalkan menggunakan mesin pompa air.
 
”Kalau sumur dan sumber mata air kering, air tanah masih tersedia tapi harus diambil dengan dibor menggunakan mesin pompa air.Namun, di kampung ini sedikit sekali yang menggunakan mesin pompa air,”kata Eman. Karena kebutuhan air bersih dirasa sudah perlu bagi warga saat ini, Kodim 0609 Bandung melalui Koramil Cicalengka telah bekerja sama dengan Yayasan Sosial Lions Club Internasional membuat mesin pompa dan fasilitas umum mandi cuci kasus (MCK) di kampung tersebut untuk bisa dimanfaatkan warga.
 
”Kami bekerja sama dengan Lions Club mendirikan MCK berikut mesin pompa yang bisa menyedot air tanah agar saatmusimkemarauwargatidak lagi kekurangan air bersih,”ujar Koramil Cicalengka Kapten Infanteri Ayat Priatna,kemarin. iwa ahmad sugriwa


Post Date : 12 April 2012