Warga Lereng Merapi Terlayani Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 17 Oktober 2011
Kategori:Air Minum
BOYOLALI – Sebagian warga Lereng Gunung Merapi di Desa Clunthang,Kecamatan Musuk, Boyolali kini tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Pasalnya, instalasi dan saluran air bersih dari sumber air telah selesai dibangun. 
 
Instalasi dan saluran ini bisa mengeluarkan debit air hingga 1,5 liter per 2,6 detik atau 1.800 liter perjam.Total air 43.200 liter selama 24 jam itu dapat dimanfaatkan bagi 363 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 1.398 jiwa yang tinggal sembilan Dukuh, yakni Cluntang, Banjarrejo,Mulyosari, Gegermoyo, Bendo Legi,Gatak Semunu, Kali Wuluh, Bendosari dan Gondang. 
 
“Selain itu air bersih ini juga bermanfaat bagi ternak sapi masyarakat yang berjumlah sekitar 593 ekor,”kata Presiden Indonesia Global Compact Network (IGCN) YW Junardy saat peresmian Program Air Bersih Survivor Merapi di Dukuh Gondang, Cluntang, kemarin. IGCN merupakan lembaga yang membantu warga dalam pembangunan instalasi saluran air bersih di Lereng Merapi. 
 
Menurut Junardy,program Air Bersih Survivor Merapi di Desa Clunthang menelan dana sekitar Rp162 juta untuk membangun infrastruktur dan perlengkapan penunjang. Suyatman,37, salah satu tokoh masyarakat Dusun Gondang mengatakan,program Air Bersih Survivor Merapi di wilayahnya memanfaatkan sumber air Kali Gondang. Rembesan mata air keluar kemudian ditampung di bak penampungan berukuran 6 x 2,6 meter persegi. 
 
Air tersebut kemudian dipompa ke atas menuju bak bak penampungan milik warga melalui jaringan pipa.“Agar perlengkapan tetap terawat, ada teknisi yang dipersiapkan memelihara, khususnya alat yang berfungsi memompa air,” terangnya. ary wahyu wibowo 


Post Date : 17 Oktober 2011