Warga Lebak Tolak Tempat Pembuangan Sampah

Sumber:Koran Tempo - 12 Juni 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
RANGKASBITUNG - Masyarakat Kabupaten Lebak menolak rencana Pemerintah Kabupaten Serang membangun tempat pembuangan sampah akhir di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja. Mereka khawatir keberadaan tempat pembuangan sampah itu dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan pencemaran lingkungan di wilayah perbatasan antara Kabupaten Serang dan Lebak.

"Kami menolak karena jarak lokasi pembangunan tempat pembuangan sampah akhir ini sangat berdekatan dengan permukiman penduduk di Kecamatan Cibadak," kata Sarmedi, salah satu warga, saat mengadukan masalah ini ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lebak kemarin. Dia juga mengemukakan pembangunan pembuangan sampah akhir ini berdampak buruk terhadap lingkungan dan dikhawatirkan menimbulkan berbagai penyakit bagi warga terdekat.

Ketua DPRD Lebak Pepep Fasaludin mengatakan dalam waktu dekat akan menyampaikan keberatan warga Lebak ini ke DPRD Kabupaten Serang. "Aspirasi penolakan ini akan kami sampaikan ke DPRD Serang," kata Pepep. Dari catatan Tempo, penolakan rencana pembangunan tempat pembuangan sampah akhir ini tidak hanya dilakukan oleh warga Lebak.

Warga Desa Tunjung Teja, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, yang berdekatan langsung dengan lokasi pembuangan sampah, juga pernah menolak rencana Pemerintah Kabupaten Serang ini. Pantji Tirtaya, Asisten Pembangunan Pemerintah Kabupaten Serang, mengatakan rencana pembangunan tempat pembuangan sampah itu masih dalam kajian. "Investornya memang sudah ada, tapi masih dikaji apakah layak atau tidak," katanya. FAIDIL AKBAR



Post Date : 12 Juni 2007