Warga Landoh Manfaatkan Air Selokan

Sumber:Suara Merdeka - 18 Juli 2007
Kategori:Air Minum
REMBANG - Kekeringan mulai dirasakan oleh sejumlah warga di daerah pinggiran. Menghadapi kekeringan ini, warga berusaha dengan berbagai macam cara agar kebutuhan air bersih bisa terus tercukupi.

Di Desa Landoh, Kecamatan Sulang, Rembang, sejumlah warga terpaksa memanfaatkan air selokan bercampur dengan rembesan air dari sebuah pipa PDAM di pinggir jalan desa itu untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus (MCK).

Sukarnin, warga RT 4/IV Desa Landoh, yang sedang mengambil air di selokan, kemarin mengutarakan, terpaksa memakai air itu karena kesulitan untuk membeli air untuk kebutuhan MCK.

Sebagian air itu juga dipakai untuk kebutuhan minum bagi ternak-nya. "Kalau kebetulan air sedang jernih, kami juga memanfaatkannya untuk kebutuhan memasak. Tapi kalau kotor sekali, kami saring untuk MCK atau memberi minum pada ternak," terangnya.

Dia mengatakan, sudah hampir dua minggu ini warga sekitar memanfaatkan air yang mengalir sangat lambat itu. Warga harus menunggu lama agar air bisa terkumpul cukup banyak. "Kadang juga karena banyaknya yang butuh air ini, terpaksa harus antre. Biasanya kalau sore hari antrean cukup banyak," jelasnya.

Sebulan

Ditambahkan, sudah sebulan ini warga mulai kekurangan air. "Sumur warga sudah mulai kering. Terpaksa kami mencari air hingga ke sejumlah desa. Kalau sekarang ada air seperti ini (air selokan-Red), ya kami manfaatkan baik-baik," tuturnya.

Ditemui terpisah, Asisten II Pemkab, Supradja SH, mengatakan, pihaknya masih menunggu data pasti permintaan air bersih dari sejumlah desa. Setelah semua permintaan masuk, pihaknya akan langsung melakukan penyaluran air. "Kalau untuk bulan ini, kami memang belum bisa menyalurkan kepada warga," terangnya.

Dia menambahkan, Pemkab sudah menyiapkan dana untuk kebutuhan biaya penyaluran air. Untuk satu tangki air, Pemkab akan memberikan dana sebesar sekitar Rp 100.000. "Nanti dikalikan jumlah permintaan warga. Dana untuk mengatasi kekeringan sudah kami sediakan," katanya. (H19-76)



Post Date : 18 Juli 2007