Warga Kubu Pakai Sodys Atasi Krisis Air

Sumber:Indopos - 06 Desember 2007
Kategori:Air Minum
AMLAPURA - Derita warga Kubu, Abang dan Seraya nampaknya tidak lama lagi akan teratasi. Jeritan mereka soal minimnya air bersih akan dapat solusi.

Sebuah yayasan asing, yakni Yayasan Dian Desa yang ada di kawasan Munti Gunung nampaknya berhasil memberikan solusi terhadap warga disana soal penyediaan air bersih. Mereka menerapkan sistim sodys untuk membuat air cubang menjadi siap minum alias bebas kuman.

Caranya pun sangat sederhana dengan memanfatkan energi yang ada di alam. Caranya, dengan menjemur air dari cubang pada sebuah botol mineral yang bagian bawahnya sudah dicat hitam. Penjemuran dilakukan enam sampai 10 jam di bawah terik sinar matahari. Air tersebut diyakini 100 persen sudah bebas dari kuman sehingga siap dikomsumsi.

Cara ini menurut Daniel Elbert, ketua Yayasan Dian Desa sudah diterapkan di Munti Gunung dengan nama sistim sodys. Cara ini bisa membuat kuman yang ada dalam air mati dan air menjadi steril.

Sementara cat warna hitam di bawah botol bertujuan menyerap panas. Hanya saja saat musim mendung penjemuran dilakukan lebih lama. "Kalau musim mendung, penjemuran bisa dilakukan selama 3 hari," ujarnya.

Tempat menjemur air sebaiknya dilakukan di atas atap atau tempat terbuka sehingga terkena sinar matahari secara langsung. Yang jelas botol yang digunakan harus yang bening dengan tujuan sinar matahari bisa menerobos masuk ke dalam botol.

Tidak itu saja, LSM asal Swtzerland ini juga membantu membuat bagunan untuk menampung air hujan. Bangunan dengan atap logam ini kemudian dihubungkan dengan sebuah cubang yang tertutup rapat agar steril. (tra)



Post Date : 06 Desember 2007