Warga Konsumsi Air Siring Ringkih

Sumber:Koran Sindo - 03 Oktober 2012
Kategori:Air Minum
PAGARALAM – Warga Dusun Suka Cinta, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam, terpaksa mengonsumsi air siring ringkih.
 
Hal ini disebabkan sejak puluhan tahun, warga setempat tidak bisa mendapatkan air bersih.Ketika menggali sumur puluhan meter, air bersih yang dicari tidak ada,mengingat kawasan tersebut berada di daerah berbukit. Sementara, air bersih dari saluran PDAM tidak ada sama sekali. Akibatnya, warga terpaksa menggunakan air siring yang sudah tercemar, baik oleh limbah rumah tangga maupun lainnya. 
 
Berdasarkan pantauan SINDO, untuk bisa mengonsumsi air siring ringkih tersebut, warga membuat saluran pipa.Air ditampung di gentong dan bak penampungan. Padahal, pada aliran siring sangat banyak sampah, baik plastik maupun limbah lainnya.Akan tetapi,karena tidak ada air bersih, warga terpaksa meng-onsumsi air ini setiap harinya. Ketua RT03 Dusun Suka Cinta Indra mengatakan, belum tersedianya air bersih di daerah tersebut terpaksa membuat warga sekitar mengonsumsi air Siring Ringkih yang merupakan saluran pembuangan. Hal ini lantaran air bersih dari PDAM dan sumur tidak ada sama sekali. 
 
“Sulitnya mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi sudah berlangsung cukup lama. Hal ini disebabkan belum ter-sedianya jaringan air bersih seperti PAM menjadikan warga terpaksa mengonsumsi air dari saluran pembuangan. Sementara untuk menggali sumur, warga kesulitan mengingat lokasi dusun yang tinggi dan air sulit didapat meski sudah digali cukup dalam.Satu-satunya cara kita terpaksa mengonsumsi air dari aliran sungai, tapi sekarang ini sungai yang ada sudah tercemar,” bebernya.
 
Sebagai upaya mengatasi tumpukan sampah di saluran ini, kata Indra, kegiatan pembersihan saluran siring terus digalakkan seminggu sekali. Akan tetapi, seiring masih rendahnya kesadaran warga membuang sampah,tumpukan sampah di saluran tersebut semakin hari semakin banyak. Akibatnya, aliran air siring ringkih juga ikut tercemar. “Dahulu kondisi air di saluran siring ringkih bersih dan layak dikonsumsi. Akan tetapi, seiring padatnya penduduk bermukim di Dusun Suka Cinta, jangankan kondisi airnya bersih,untuk mandi pun sudah tidak layak lagi,” ujar dia. 
 
Senada dikatakan Ketua RT Tanah Pilih Uci. Tidak hanya Dusun Suka Cinta yang terpaksa mengonsumsi air limbah. Bahkan,warga di Dusun Tanah Pilih juga ikut menanggung dampaknya. Aliran siring mengalir ke beberapa titik di wilayah Kelurahan Atung Bungsu. “Warga sangat berharap pihak terkait dapat membantu mengatasi kondisi demikian sehingga ke depannya warga tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi. Jika terus menerus seperti ini, bukan tidak mungkin air bersih tidak dapat diperoleh lagi sehingga warga terus menerus mengonsumsi air kotor,” ungkapnya. 
 
Sementara itu, Camat Dempo Selatan Rachmad Madroh didampingi Lurah Atung Bungsu A Fakri mengungkapkan, untuk menanggulangi kondisi demikian, pihaknya akan melakukan pengecekan ke lapangan. Dengan data yang ada, dapat segera dilaporkan kepada pihak terkait untuk dicarikan solusinya. yayan darwansah 


Post Date : 03 Oktober 2012