Warga Keluhkan Tumpukan Sampah

Sumber:Koran Sindo - 14 Juli 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PEMATANGSIANTAR (SI)– Kebersihan di Kota Pematangsiantar dikeluhkan warga. Pasalnya, sampah menumpuk di sejumlah tempat penampungan sampah karena tidak diangkut selama beberapa hari.

Tumpukan sampah terjadi beberapa hari belakangan ini. Akibatnya, warga sekitar merasa tidak nyaman dengan bau busuk yang ditimbulkannya. Berdasarkan pengamatan harian Seputar Indonesia, sampah terliat menumpuk di Jalan MT Haryono, Kecamatan Siantar Barat, persis di belakang Pasar Horas.

Bahkan,sampah sudah berserakan hingga ke tengah jalan. Salah seorang warga Jalan MT Haryono,Dermawan, 37,menyatakan, sampah menumpuk di tempat penampungan ini sudah hampir sepekan. Dia menuturkan, tidak ada petugas yang datang untuk mengangkutnya. ”Biasanya petugas pengangkut sampah setiap hari datang, tetapi sudah seminggu ini tidak datang,sehingga sampah menumpuk dan mengeluarkan bau busuk,”ujarnya.

Beberapa hari yang lalu,warga setempat patungan membayar petugas kebersihan Pasar Horas untuk mengangkut sampah yang telah menumpuk.Namun,beberapa hari ini,sampah kembali menumpuk. Tumpukan sampah juga terlihat di Jalan Bola Kaki.Kondisi ini membuat warga setempat resah dan khawatir dengan ancaman penyebaran penyakit.

Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Setda Kota Pematangsiantar Julham Situmorang menyatakan, mereka belum mengetahui penyebab banyaknya sampah yang belum diangkut petugas kebersihan. ”Kami belum tahu pasti penyebabnya tapi nanti coba saya konfirmasi ke pihak kecamatan Siantar Barat untuk mengetahuinya. Sebab, pihak kecamatan yang mengelola kebersihan,”ujarnya. (dadang pramono)



Post Date : 14 Juli 2010