Warga Keluhkan Drainase Asal-asalan

Sumber:Bangka Pos - 11 September 2006
Kategori:Drainase
SUNGAILIAT Proyek pekerjaan pembangunan saluran air (drainase) di sepanjang jalan Jurung-Batu Ampar tepatnya di Dusun Sinar Rembulan atau lebih dikenal warga dengan nama Dusun Sihin, Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang dinilai warga setempat asal-asalan. Pasalnya, sebagian dinding tembok saluran air tersebut kondisinya saat ini sudah roboh. Tidak hanya itu saja, sebagian dindingnya retak-retak sehingga warga setempat khawatir akibarnya berbahaya bagi para pengguna jalan yang melewati jalan tersebut.

Silahkan bapak cek sebagian kondisi dinding temboknya saja sudah roboh bahkan di sebelahnya lagi di bagian sana dindingnya pun sudah retak-retak apa bisa dijamin kualitas pekerjaan pemborong seperti ini. Kami khawatir nantinya akan berbahaya bagi para pengguna jalan yang kebetulan melintasi jalan ini. Setahu saya kalau lihat papan pengumuman proyek cukup besar dana yang dianggarkan termasuk proyek pembuatan saluran air ini, ungkap Edi kepada Bangka Pos Group, Jumat (8/9) lalu di lokasi proyek, jalan raya Dusun Air Dayung seraya menunjukkan dinding saluran air yang sudah roboh tersebut.

Tidak hanya itu saja, bahkan menurut Edi warga setempat sebelumnya sudah pernah melaporkan pekerjaan yang terkesan asal-asalan kepada Kepala Kimpraswil Bangka karena meragukan pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan kontraktor. Masalah sudah pernah kami laporkan kepada pihak PU Kabupaten Bangka karena kami meragukan pekerjaan yang dilakukan oleh pihak kontraktor. Terus terang sama sekali ini tidak ada kepentingan selain untuk kepentingan warga di sini (Dusun Sihinred). Jadi terkesannya pihak PU sendiri terkesan kurang maksimal dalam pengawasannya, bebernya.

Pantauan Bangka Pos Group di lokasi, dinding tembok saluran air yang sudah roboh tersebut panjangnya kurang lebih sekitar 8 meter, sedangkan tak jauh dari sekitar dinding tembok yang roboh tepatnya bagian atas dekat bibir jalan yaitu antara dinding tembok dengan batas tanah terlihat sudah menganga seolah-olah mau runtuh. Sementara di papan pengumuman proyek Kimpraswil Kabupaten Bangka yang letaknya di sebelah kiri jalan Dusun Sihin kira-kira 300 meter dari arah perempatan Jurung-Batu Ampar tertera bahwa proyek pekerjaan pembuatan saluran air merupakan bagian dari paket proyek peningkatan jalan Jurung-Batu Ampar yang menggunakan dana APBD tahun anggaran 2006 senilai kurang lebih Rp 2,28 miliar dengan panjang pekerjaan peningkatan jalan yaitu sekitar 3,5 kilometer. Sedangkan pihak pelaksana pekerjaan proyek tersebut di bangun PT Bangun Sarana Bina Pratama. (g11)

Post Date : 11 September 2006