Warga Gorontalo Cemaskan Banjir Susulan

Sumber:Kompas - 02 September 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

GORONTALO, SELASA - Meskipun air yang menggenangi sejumlah wilayah di Provinsi Gorontalo sudah mulai surut, namun warga di daerah tersebut merasa cemas dan tetap mewaspadai datangnya bencana banjir susulan.

Dapiri, salah seorang warga Kelurahan Biawu, Kota Gorontalo, Selasa, mengatakan luapan air hujan yang terjadi Senin (1/9) malam telah merendam puluhan rumah penduduk dan bangunan lainnya, di sejumlah wilayah di daerah itu sudah mulai surut.

Namun demikian, warga khususnya yang ada di bantaran sungai Bolango tetap waspada, sebab tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir susulan, karena saat ini cuaca di Kota Gorontalo sedang mendung.

"Bencana banjir susulan bisa terjadi, sebab luapan air yang menggenangi wilayah Kota Gorontalo merupakan kiriman dari daerah tetangga," kata Dapiri yang ditemui saat sedang membersihkan rumahnya yang di landa banjir.

Sementara itu pemerintah Kota Gorontalo saat ini sudah membangun sejumlah posko bencana banjir, serta sudah memberikan bantuan berupa makanan, minuman serta obat-obatan untuk warga korban banjir.

Humas Pemkot Gorontalo, Sutarto, mengatakan bahwa Walikota Gorontalo bersama jajarannya, sudah meninju sejumlah lokasi yang sejak kemarin dilanda bencana banjir.

Ia menjelaskan dalam kunjungan ke lokasi bencana banjir itu, Pemerintah Kota dan Provinsi Gorontalo selain memberi bantuan, juga mengimbau kepada warga agar tidak panik.

"Walikota Gorontalo minta kepada warga agar jangan panik bila terjadi bencana banjir, tetapi harus berusaha menyelamatkan diri," kata Sutarto.  ABI



Post Date : 02 September 2008