Warga Desa Nikmati Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 05 Juni 2008
Kategori:Air Minum

MUARAENIM(SINDO)- Masyarakat di dua desa dalam KecamatanTalang Ubi,Kabupaten Muaraenim, yakni Desa Pendopo dan Teluk Lubuk, dipastikan akan memperoleh air bersih setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim meresmikan pembangunan instalasi air bersih di daerah tersebut.

Bupati Muaraenim Kalamudin Djinab mengungkapkan, dengan diresmikannya instalasi air bersih tersebut, dipastikan sebanyak 34.560 jiwa di daerah tersebut bakal menikmati air bersih. “Jika kita bandingkan dengan jumlah penduduk Kota Talang Ubi, Desa Cinta Kasih, dan Teluk Lubuk yang berjumlah 41.191 jiwa.Berarti dapat melayani 84% penduduk di daerah tersebut,” katanya di sela-sela peresmian instalasi air bersih, yang dilakukan langsung Gubernur Sumsel Syahrial Oesman,kemarin.

Ia juga mengatakan, rencana pembangunan prasarana air bersih di Teluk Lubuk- Pendopo sebenarnya sudah ada sejak proyek air bersih yang dikelola Departemen Pekerjaan Umum era tahun 1980-an.

“Namun karena prasarana air bersih Teluk Lubuk-Pendopo mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi di Indonesia.Yakni jarak dari air baku 27 km dari Sungai Lematang yang harus dipompakan, sehingga memerlukan dana yang cukup besar,” katanya. Mengenai dana yang sudah dianggarkan, sambung Kalamudin, pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp39.598.553.000.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Lematang Enim Mirza Jaya mengatakan, prasarana air minum di Teluk Lubuk-Pendopo, ini mempunyai kapasitas 60I/d dengan jam operasional 20 jam/hari.

“Untuk air baku sendiri kita mengambil dari Sungai Lematang (Desa Teluk Lubuk) yang berjarak 27 KM dari Kota Pendopo,”katanya. Untuk persentase pelayanan sendiri, uraik dia, distribusi air bersih tersebut akan dapat dilakukan ratarata pemakaian untuk satu orang digunakan sebanyak 100 liter/orang/hari. “Itu untuk perkiraan dalam satu rumah terdiri dari enam jiwa. Untuk tingkat kebocoran sendiri 20%,dan untuk permasalahan itu sudah bisa kita tanggulangi,”tukasnya. (andhiko tungga alam)  



Post Date : 05 Juni 2008