Warga Desa Jatisari Kekurangan Sumber Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 07 November 2006
Kategori:Air Minum
GUNUNGPATI- Warga Desa Jatisari, Kelurahan Pongangan, Kecamatan Gunungpati mengalami kekurangan sumber air bersih. Dari enam sumur yang ada di desa tersebut, hanya satu sumur dapat berfungsi untuk air minum. Yaitu sumur yang terdapat di antara RT 6 dan RT 7. Lima sumur lain tidak berfungsi.

Suhartini (50), warga Kampung Jatisari mengatakan, kekeringan yang melanda daerahnya sudah terjadi tiga bulan terakhir. Untuk bisa mendapatkan sumber air bersih maka dia harus menempuh jarak sekitar 500 meter dari rumahnya di RT 2. "Saya dalam satu hari mengangsu air dari sini ke sumur lima kali," ujar dia, Senin (6/11).

Sumber air yang digunakan untuk mandi berjarak lebih dekat dari rumahnya. Yaitu sekitar 50 meter dari lokasi sendang yang telah dijadikan sumur. "Karena capai saat mengangsu air bersih, terkadang saya mandi dua hari sekali," ungkapnya.

Ketua RW 5 Desa Jatisari, Walyadi (56) mengungkapkan, selama musim kemarau seluruh warga setempat menggantungkan pada sumur satu-satunya itu sebagai air minum. Setiap hari, warga dari tujuh RT selalu mengambil air di sumur tersebut. "Untungnya, sumur yang berfungsi sebagai satu-satunya sumber air minum menghidupi sekitar 321 kepala keluarga dan tidak pernah kehabisan air. Karena sebelumnya, sumur tersebut merupakan aliran air yang digunakan untuk mengairi sawah di sekitar sini," kata dia, yang mengaku telah menjabat Ketua RW empat periode.

Sumber Penguripan

Karena sumur itu sangat bermanfaat, warga sekitar memberi nama sumber penguripan. "Sementara lima sumur lain yang tidak berfungsi, kami bisa memanfaatkannya saat musim hujan. Yaitu menampung air hujan, yang oleh warga sekitar dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci pakaian," ungkapnya.

Samuel (56), warga lain mengatakan hal sama. Dia selama ini mendapatkan sumber air yang dapat digunakan untuk minum hanya dari sumur yang banyak digunakan warga bermukim di wilayah Desa Jatisari.

"Saya berharap Pemkot memberikan bantuan berupa air bersih atau mengusahakan membuatkan sumber air yang dapat disalurkan ke semua rumah milik warga. Jadi, kami tidak sampai kesusahan seperti saat ini," harapnya. (ric-56s)



Post Date : 07 November 2006