Warga Depok Antre Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 07 Januari 2011
Kategori:Air Minum

DEPOK (SINDO) – Belum normalnya pipa saluran air minum milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor,menyebabkan ribuan pelanggan kesulitan air bersih.

Pihak PDAM Tirta Kahuripan pun menyediakan tangki air untuk memasok kebutuhan air pelanggan. Ini seperti yang terjadi di Perumahan Cening Ampe, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok,kemarin.Sejak pukul 08.00 WIB, warga sudah terlihat menunggu mobil tangki air di depan rumah mereka. Begitu mobil datang, warga langsung menyerbu dan mengantre air. Ibu-ibu yang sudah dari pagi menunggu mobil terlihat cekatan mengangkut air.

Segala tempat yang dapat digunakan untuk wadah air pun digunakan.Ini mulai dari panci, bak plastik, ember, hingga drum dijadikan tempat penampungan air. Sesuai surat edaran yang dikeluarkan PDAM Tirta Kahuripan, perbaikan lima valve baru akan selesai pada Sabtu (8/1). Hal ini menyebabkan 6.709 pelanggan cabang III PDAM Tirta Kahuripan di Depok tidak mendapat pasokan air. Ibu Hasan, salah satu warga mengaku harus antre dari pagi untuk mendapatkan air.

Di rumahnya tidak memiliki sumur tanah sehingga tidak ada cadangan air untuk kebutuhan sehari-hari. Ibu Hasan pun terpaksa ikut mengantre air bersih bersama tetangga lainnya. ”Ini hanya untuk masak dan minum. Kalau untuk mandi nggak cukup. Saya suruh orang rumah untuk irit air sekarang,” ungkanya ditemui saat mengantre air kemarin. Ibu Hasan menambahkan, air menjadi kebutuhan utama seharihari.

Karena itu,saat perbaikan saluran seperti ini, dia kerap kebingungan mendapatkan air.Terlebih di rumahnya, ada anak bayi berumur tiga bulan.”Cucian sudah pasti banyak karena ada bayi.Saya minta anak saya nyuci di rumah saudara,”ungkapnya. Sementara itu, selama masa perbaikan lima valve di sepanjang Jalan Raya Bogor,pihak PDAM Tirta Kahuripan menyediakan delapan tangki air dengan kapasitas 3600 liter.

Untuk di cabang I dan Taman Duta disediakan 1 unit mobil air,sedangkan untuk cabang III sebanyak 6 unit. ”Mobil air akan berkeliling perumahan,” tutur Kasi Humas Cabang III PDAM Tirta Kahuripan Ajat Sudrajat. Dia memaparkan, perbaikan dilakukan lantaran umur pipa saluran tersebut sudah tua. (ratna purnama)



Post Date : 07 Januari 2011