Warga Bisa Mengangsur Biaya Sambungan PAM

Sumber:Koran Jakarta - 02 September 2009
Kategori:Air Minum

JAKARTA , Masyarakat Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur bisa memperoleh sambungan baru air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) melalui kredit.

Biaya sambungan baru sebesar satu juta rupiah bisa dicicil selama 6-12 bulan.

“Sambungan air tidak murah bagi masyarakat berpenghasilan kecil. Karena itu, kerja sama kredit mikro antara PT Aetra Air Jakarta dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah Al Salaam Amal Salman (BPRS Al Salaam) sangat membantu masyarakat,” kata Presiden Direktur PT Aetra Sjahril Japarin di Jakarta, Senin (1/9), seusai penandatanganan perjanjian kerja sama fasilitas kredit mikro pemasangan sambungan air.

Dengan kemudahan ini pula, PT Aetra Air Jakarta yang merupakan salah satu operator air bersih menargetkan empat ribu pelanggan baru dalam empat bulan ke depan.

Dari seluruh wilayah, Aetra baru bisa melayani 62 persen masyarakat yang membutuhkan pemasangan air PAM. Artinya, masih ada sekitar 38 persen wilayah yang belum terjangkau.

Untuk tahap pertama, Aetra akan mengembangkan kredit mikro ini di wilayah pelayanan kantor pelayanan pelanggan (KPP) Pulomas (Penggilingan dan Cakung), KPP Dewa Ruci (Kalibaru), dan Gudang Air (Cijantung, Pasarrebo, dan Kramatjati).

Masyarakat yang akan memasang sambungan baru dengan kredit, selain cukup melampirkan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan kuitansi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Setelah itu, Aetra akan menyurvei tempat tinggal untuk menentukan golongan dan besaran biaya pemasangan.

“Waktunya dari bayar cicilan pertama dan pasang hanya satu hari,” ujar Sjahril.

Menurut Direktur BPRD Al Salaam, Cahyo Kartiko, sebelum bekerja sama dengan PDAM Jakarta, pihaknya sudah bekerja sama dengan PDAM Bogor pada Agustus 2009. PDAM Bogor telah membuat 1.500 sambungan baru dengan cara mencicil biayanya. rud/M-3



Post Date : 02 September 2009