Warga Baleharjo Tuntut Pemeriksaan Kesehatan

Sumber:Koran Sindo - 13 Januari 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
GUNUNGKIDUL – Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Dusun Wukirsari, Baleharjo, Wonosari mulai dikeluhkan warga sekitar. Warga pun menuntut pemeriksaan kesehatan berkala kepada Pemkab Gunungkidul yang bertanggung jawab atas pembangunan TPAS tersebut. 
 
Kepala Desa Baleharjo Agus Setiawan mengatakan saat ini bau menyengat terus dirasakan warga yang bermukim di sekitar TPAS. Selain itu, banyak lalat yang mengganggu aktivitas warga.“Tuntutan warga sebenarnya masih wajar. Yakni, ada upaya pemeriksaan kesehatan gratis secara berkala. Jadi tidak perlu memperluas dulu,” ujar Agus kepada wartawan kemarin. 
 
Sejak TPAS dibangun, belum ada upaya Pemkab Gunungkidul untuk memberikan bantuan kesehatan.Padahal hidup di sekitar lokasi pembuangan sampah sangat berisiko terhadap berbagai penyakit. ”Dari bau dan lalat saja jelasjelas tidak sehat,”ujar Agus. Hingga kini warga sekitar yang berjumlah 147 kepala keluarga (KK) masih bersabar dan mencoba mengomunikasikan persoalan kepada pemerintah desa. 
 
”Kami sebagai abdi masyarakat, yamenyampaikan keluhan dan keinginan warga,” ucapnya. Agus menginformasi kan, di wilayahnya ada 60 warga terserang cikungunya serentak menjelang akhir tahun lalu. ”Kita juga sudah sampaikan ke DPRD mengenai hal ini,”ujarnya. Plt Sekda Gunungkidul Budi Martono yang menyempatkan datang ke TPAS Baleharjo menjelaskan tuntutan kesehatan warga segera dibahas di tataran pimpinan. suharjono


Post Date : 13 Januari 2012