Warga Bagan Krisis Air

Sumber:Kompas - 17 September 2007
Kategori:Air Minum
Medan, Kompas - Warga Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Labuhan, Medan, mengalami krisis air bersih. Krisis yang terjadi bertahun-tahun itu belum juga teratasi. Dari 3.800 keluarga, hanya 420 di antaranya yang baru menikmati sarana air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM.

"Kami harus menggali sumur bor sedalam 90 meter, tetapi tidak semua warga bisa membuatnya karena biayanya tinggi. Sumur bor milik saya ini dipakai sembilan keluarga di sekitar rumah," kata Hamdan (48), warga setempat di rumahnya.

Hamdan membangun sumur itu Rp 9 juta. Pada awalnya, sumur itu dipakai sendiri. "Tidak banyak warga yang memiliki sumur. Mereka juga tidak mempunyai jaringan aliran PDAM. Entah air apa yang mereka pakai," kata Hamdan.

Kelurahan Bagan Deli terletak menjorok ke laut, hingga lingkungannya terlihat kumuh. Tidak ada sarana sanitasi yang baik. Sebagian rumah panggung warga bahkan bagian bawahnya terus tergenang air paluh.

Koordinator Environmental Service Program (ESP) Darmansyah Lubis mengatakan, di tempat itu kerap terjadi rebutan air bersih. Kebutuhan warga akan air bersih tidak bisa ditunda-tunda demi kesehatannya.

Biaya tinggi

Terbatasnya ketersediaan air bersih membuat warga harus membeli air bersih. "Pengeluaran untuk air bersih cukup besar. Sebagian masyarakat harus mengeluarkan biaya Rp 50.000 sampai Rp 150.000 per bulan per rumah tangga," kata Lubis.

Salah satu Kepala Lingkungan Kelurahan Bagan Deli Bachtiar mengatakan, pertengkaran antarwarga soal air makin sering lantaran harga solar untuk sumur bor semakin mahal dan daya beli masyarakat menurun. "Sering warga membutuhkan air pada saat bersamaan, sedangkan persediaan air bersih terbatas," katanya.

Dia berharap pemerintah membangun sarana air bersih di lingkungan tempat tinggalnya. Jika tidak, persoalan air bersih itu akan menimbulkan konflik horizontal. Kurangnya persediaan air bersih di lingkungannya membuat warga sering mengalami sakit diare. (NDY)



Post Date : 17 September 2007