Wapres: 2015 Sanitasi Dasar Capai 59 Persen

Sumber:Jurnal Nasional - 08 Desember 2009
Kategori:Sanitasi

WAKIL Presiden Boediono mengatakan pemerintah menargetkan sedikitnya 59,1 persen penduduk Indonesia dapat mengakses sanitasi dasar yang layak mulai 2015 sejalan dengan upaya untuk mencapai salah satu sasaran millenium Development Goals (MDG) melalui berbagai upaya.

"Saya kira pemerintah bertekad untuk mempercepat pelaksanaan upaya untuk meningkatkan akses sanitasi, yakni meningkatkan akses terhadap sanitasi sehingga pada tahun 2015 secara keseluruhan paling tidak 59,1 persen penduduk telah memiliki akses ke sanitasi dasar yang layak," kata Wapres Boediono saat membuka Konferensi Sanitasi Nasional (KSN) 2009 bertempat di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (8/12).

Dalam acara tersebut dihadiri pula Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setyaningsih dan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, acara tersebut juga dihadiri Menteri Negara Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana.

Menurut Boediono, Indonesia sangat tertinggal dalam akses sanitasi sehingga diperlukan percepatan peningkatan akses maupun kualitas sanitasi di seluruh pelosok tanah air.

Selain itu, Boediono menilai sanitasi merupakan salah satu hajat hidup dasar dari seluruh masyarakat sehingga akses kepada sanitasi menentukan kualitas hidup masyarakat itu.

Akan tetapi pencapain sebesar 59,1 persen tersebut, tambah Boediono adalah pencapaian minimal sehingga diharapkan bisa lebih besar dari angka.(Ant)



Post Date : 08 Desember 2009