Volume Sampah Naik 20 Persen

Sumber:Pikiran Rakyat - 04 Oktober 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

BANDUNG, (PR).- Volume sampah di Kota Bandung diprediksi meningkat antara 10-20 persen mulai Oktober ini. Hal itu disebabkan karena curah hujan yang semakin meningkat.

Direktur PD Kebersihan Kota Bandung Cece Iskandar ketika ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (1/10) mengatakan, ketika curah hujan tinggi, kemampuan masyarakat untuk mengolah sampah akan semakin berkurang. "Selain itu, volume sampah akan menjadi lebih berat," ujar Cece.

Kondisi tersebut, menurut Cece, sering kali menimbulkan kerusakan pada armada pengangkutan sampah. "Sampah yang lebih berat karena basah, sering kali membuat hidrolik armada menjadi jebol," katanya.

Dia juga mengatakan, sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat bisa menutupi saluran drainase sehingga menimbulkan genangan.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat bisa cermat dalam menggunakan barang-barang yang menghasilkan sampah. Selain bisa mengurangi timbunan sampah, upaya itu juga bisa dilakukan untuk mengurangi potensi adanya genangan air akibat sumbatan sampah.

"Masyarakat yang bisanya melakukan pemanfaatan sampah, akan berkurang kemampuannya ketika curah hujan sangat tinggi. Minimnya sinar matahari dan keengganan mengolah sampah basah, berkontribusi terhadap tumpukan sampah," katanya.

Baru 60 persen

Sementara itu, Cece mengatakan bahwa saat ini, baru 60 persen timbunan sampah yang bisa diangkut. Sampah tersebut diangkut menggunakan 103 truk armada.

"Yang sudah terangkut sekitar 4.000 meter kubik atau sekitar 1.000 ton per hari, sedangkan prediksi timbunan sekitar 7.000 meter kubik atau sekitar 1.500 ton, dengan asumsi setiap orang membuat timbunan sampah sekitar tiga liter per hari," kata Cece.

Jumlah tersebut terus diangkut dalam empat putaran dalam waktu 18 jam. Dia mengatakan, jumlah ideal truk pengangkut sampah di Kota Bandung seharusnya berjumlah 140 unit. "Akhirnya kita mengoptimalkan armada yang ada," ujarnya.

Cece juga menuturkan, pada musim kemarau basah seperti yang terjadi beberapa bulan belakangan ini, jumlah timbunan sampah meningkat sekitar lima persen. "Untuk beberapa bulan kemarin saja yang seharusnya kemarau namun terus turun hujan, volume sampah sudah meningkat walaupun tidak terlalu signifikan, apalagi dalam beberapa bulan ke depan. Akan tetapi, kami akan terus berupaya melayani masyarakat seoptimal mungkin," kata Cece. (A-175)



Post Date : 04 Oktober 2010