UNTUK PRODUKSI AIR KEMASAN DAN PEMASARAN; PDAM Purbalingga Butuh Rekanan

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 09 September 2005
Kategori:Air Minum
PURBALINGGA (KR) - Setelah sukses memproduksi dan memasarkan air minum dalam kemasan Braling Fresh Water, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purbalingga berencana menggandeng rekanan, untuk mengembangkan produksi air minum dalam kemasan tersebut. Investor yang dibutuhkan, yakni pemodal yang bersedia memproduksi kemasan gelas plastik dan sekaligus menangani pemasarannya.

Dijelaskan Hardi, selama ini, melalui perusahaan air minum kemasan Wadas Kelir, PDAM telah memproduksi air minum dalam kemasan galon. Setiap bulannya, rata-rata 1500 galon berhasil dipasarkan. Keberhasilan memproduksi dan memasarkan air minum kemasan galon itu mendorong Hardi untuk memproduksi kemasan dalam gelas plastik.

Menurut Hardi, pihaknya memiliki mesin pembuat gelas plastik kemasan dan SDM (sumber daya manusia). Investor tinggal membiayai pembelian bahan baku plastik, memproduksi gelas plastik dan aksesori lainnya, termasuk sedotan, dan memasarkannya. Bahkan, investor boleh menentukan merk dagang produksi air minum kemasan tersebut dan harga jualnya.

Merk dagang bisa disepakati antara dua belah pihak. Bila menggunakan merk dagang yang diusulkan investor, berarti investor itu mengurus sendiri. Tapi kalau menggunakan merk dagang kami, kami yang akan mengurus ke Lembaga Standar Nasional Indonesia (NSI), tutur Hardi.

Dari penjualan air minum kemasan tersebut, PDAM minta keuntungan Rp 10,- ditambah biaya produksi. Untuk biaya produksi, PDAM akan bersikap transparan terhadap investor.

Misalnya menurut hitungan kami, biaya produksi satu dos air minum kemasan berisi 48 gelas sebesar Rp 7500. Sedangkan keuntungan yang kami minta Rp 10 per gelas. Berarti bagian PDAM Rp 7500 ditambah Rp 480 atau Rp 7.980 per dus, Hardi menuturkan.

Hardi menambahkan, investor yang dibutuhkan PDAM tidak dibatasi hanya yang bersedia menanamkan uang untuk memproduksi gelas kemasan. Bila ada yang berminat memproduksi galon untuk air minum kemasan, pihaknya juga akan bersikap welcome.

Kualitas air minum dalam kemasan Braling Fresh Water yang diproduksi PDAM melalui perusahaan Wadas Kelir, merupakan yang terbaik nomor dua di Pulau Jawa setelah produksi yang sama di Sukabumi Jawa Barat. (Rus)-o

Post Date : 09 September 2005