Universitas Jambi Kembangkan CCB untuk Air Gambut

Sumber:Kompas - 10 November 2007
Kategori:Air Minum
Jambi, Kompas - Universitas Jambi mengembangkan pemanfaatan teknologi clear chemical bentone atau CCB untuk menjernihkan air gambut di Jambi. Melalui teknologi tersebut, masyarakat di daerah bergambut dapat memanfaatkan air yang telah diproses untuk diminum.

Peneliti asal Universitas Jambi, H Naswir, Jumat (9/11), mengemukakan, teknologi CCB dikembangkan dengan memanfaatkan bentonit dan arang matang. Bentonit biasa digunakan pada proses pengolahan minyak sawit. Pada air gambut, bentonit dapat menjernihkan air, sedangkan arang untuk menetralisasi kandungan racun pada air.

Adapun riset atas CCB dilaksanakan Naswir sejak tahun 2002 hingga 2004. Melalui formulasi campuran bentonit alam dan sejumlah bahan pendukung, bahan ini mampu memutus atau merombak warna air, menetralkan, mengikat, serta mengogulasi sehingga dalam hitungan menit dihasilkan air bersih.

Teknologi lain

Sebelum CCB dikembangkan, ada sejumlah teknologi lain yang digunakan untuk penjernihan air gambut, seperti proses penyulingan, osmosis, penyerapan warna dengan lumpur, tanah liat, serta pemakaian bahan kimia. Akan tetapi, sampai sekarang teknologi-teknologi ini belum mampu menuntaskan pengolahan air gambut menjadi air bersih.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat menjadi proyek percontohan pemanfaatan teknologi CCB untuk memenuhi kebutuhan air bersih. "Biasanya masyarakat harus membeli air bersih dengan harga yang sangat mahal. Melalui teknologi ini, masyarakat dapat memperoleh air bersih gratis," tuturnya.

Hasil teknologi ini berupa serbuk berwarna keputihan. Untuk setiap 1 kg serbuk CCB dapat menjernihkan air sekitar 800 liter-1.000 liter

Ediyanto, distributor CCB, mengemukakan, pemanfaatan ini dapat menekan biaya penggunaan air bersih di masyarakat pada lahan bergambut.

Jambi, kata Naswir, memiliki kandungan bentonit cukup tinggi, tersebar di Kabupaten Merangin, Bungo, Tebo, dan Batanghari, tetapi sejauh ini belum dimanfaatkan secara maksimal. (ITA)



Post Date : 10 November 2007