Unicef Bantu 1.400 Unit Penampung Air Hujan

Sumber:Kompas - 19 Oktober 2006
Kategori:Air Minum
Ende, Kompas - Kecamatan Pulau Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, mendapat bantuan 1.400 unit penampung air hujan dari Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak-anak. Bantuan difokuskan untuk pemenuhan air bersih serta sanitasi lingkungan di semua desa. Bantuan ini adalah merupakan tahap kedua.

"Pada tahap pertama, periode 2001-2005, yang mendapat bantuan tiga kecamatan, termasuk Pulau Ende," ujar Camat Pulau Ende, Hamid Sulaiman, Rabu (18/10) di Ende.

Kecamatan Pulau Ende penduduknya sekitar 2.135 keluarga, dengan penduduk 8.611 jiwa, terdiri dari tujuh desa, yaitu Ndoriwoy, Randoraterua, Paderape, Aejeti, Puutara, Rorurangga, dan Redodory. Bantuan berupa 1.400 unit penampung air hujan (PAH) dan 1.200 jamban keluarga. Bantuan bertahap antara 2006-2010. Dana bantuan sepenuhnya akan dikelola Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di tingkat desa.

Menurut Hamid Sulaiman, direncanakan PAH bisa dibangun di tiap rumah. Prioritas yaitu di Desa Aejeti dan Paderape. Selama ini Pulau Ende kesulitan air minum. Kini mereka telah membentuk OMS dan telah memetakan kebutuhan mereka.

Warga didorong membuat sumur gali yang dipasang pompa untuk disalurkan airnya ke PAH. Sumur gali harus dibuat karena musim hujan di daerah itu hanya tinggi sekitar dua bulan. Satu sumur gali bisa digunakan 30-40 keluarga. Di tiap desa akan dibangun sumur gali.

Sebanyak 109 sumur gali yang sudah ada, tersebar di tujuh desa, semua akan diberi penutup dan dipasangi pompa manual. Menurut Hamid, sumur gali yang ditutup sekitar setahun airnya menjadi tawar. Sumur gali itu rata- rata kadar garamnya tinggi.

Pernah dilakukan penyulingan air sumur, tetapi hasilnya belum memuaskan. Uji coba akan dilakukan untuk mengurangi salinitas air sumur. (SEM)



Post Date : 19 Oktober 2006