Ubah Sampah jadi Uang

Sumber:Jawa Pos - 04 Desember 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

KRAKSAAN - Rifa'ie adalah ketua RW V Blok Klojen Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan. Ia ingin RW-nya menjadi RW percontohan di tingkat kelurahan atau desa di Kecamatan Kraksaan.

Lelaki yang sudah sejak puluhan tahun diangkat menjadi ketua RW ini cukup bersemangat untuk memajukan wilayahnya. Karena cita-citanya ingin menjadi RW percontohan, perlu ada terobosan program RW yang harus dilakukan. Pilihannya utamanya ialah mengelola sampah menjadi barang yang berharga dan bisa dijual.

"Nanti, sampah yang ada di RW V ini, akan dipilah menjadi tiga kategori. Ada sampah kering, basah dan sampah plastik. Namun, sebelum ke arah pengelolaan, kami akan mengadakan pelatihan bagaimana cara mengelola sampah. Dan kami akan membicarakan beberapa alat-alatnya yang dibutuhkan. Semoga didukung oleh kelurahan, kecamatan, dan kabupaten," terangnya.

Lelaki berkumis asli kelahiran Probolinggo ini mengatakan bahwa, hasil produksi sampah itu nantinya akan dijadikan kas RW. "Minimal RW harus punya uang kas. Karena selama ini RW masih belum punya. Biar kalau ada kegiatan tidak meminta ke mana-mana. Langkah itu menurut saya adalah langkah kreatif," jelasnya.

Dalam merekatkan emosional dan kekompakan kerjasama, tim peggerak PKK tingkat RW, setiap malam Kamis juga menggelar kegiatan pengajian rutin. "Selain itu, juga ada simpan pinjam yang sudah berlangsung puluhan tahun, sejak berdirinya PKK. Anggotanya sudah 75 orang. Sejak dulu RW V memang sudah menjadi acuan RW lainnya," katanya.

Di samping itu, banyak prestasi yang sudah di raih oleh RW V ini. Di antaranya, juara 1 Liberti, juara 1 SKJ, juara 1 praktik mengkafani mayat, juara 1 kebersihan tingkat kelurahan, juara satu diba'iyah dan juara satu lomba nyanyi lagu PKK.

Rifa'ie juga berharap kepada pemerintah, untuk segera merealisasikan program air bersih di RW V. "Karena sejak dulu, pemerintah kabupaten hanya janji-janji terus. Tolong segera direalisasikan, warga sangat butuh air bersih," harapnya.(ain)



Post Date : 04 Desember 2008