Tujuh Kecamatan Krisis Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 25 Agustus 2008
Kategori:Air Minum

TUBAN (SINDO) – Sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Tuban mengalami krisis air bersih.Warga mulai sulit memperoleh air untuk minum dan mandi. 

Pemkab harus terus mendistribusikan air bersih kepada warga setiap hari. Data di Pemkab Tuban menyebut, tujuhkecamatanitusudah menjadi langganan kekeringan, di antaranya Kecamatan Kerek, Semanding,Grabakan, Plumpang,Montong,Bancar, dan Kenduruhan.

”Tapi kekeringannya bukan pertanian lho. Kesulitan air bersih,” kata Kasi Humas Kantor InfokomTuban Sukristiono. Dia menegaskan, sumur warga sudah mulai tidak mengeluarkan air.Jadi,warga terpaksa mencari air di sumber air yang agak jauh dari tempat tinggalnya. Meski demikian, Pemkab Tuban melalui PDAM sudah siap untuk mengirim air bersih kepada desa yang membutuhkan.

Tujuh kecamatan itu sudah pernah didrop air bersih. Rata-rata setiap desa didrop dua tangki air masing-masing 5.000 liter/tangki. Sukistiono memastikan pasokan air bersih masih ada.”Yang penting, ada permintaan dari desa melalui kecamatan. Kami akan langsung kirim air,” ujarnya.

Sementara itu,kesulitan air bersih dirasakan warga Dusun Ngendut, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.Karena sumber air yang menjadi andalan warga mengering, terpaksa mengambil air dari mata air di akar pohon beringin, meski airnya kotor. Guna mengambil air bersih, warga harus mengantre panjang.

Debit air yang diambil dari sumber kondisinya juga keruh sehingga air yang dikumpulkan warga harus diendapkan terlebih dahulu beberapa menit agar bagian atas bisa dibawa pulang. Menurut salah satu warga Kerek,Suhadi,pompa air bantuan Pemkab sudah rusak dan belum diperbaiki.

Warga terpaksa antre dan menggunakan air yang keruh.Air itu mereka pergunakan untuk kebutuhan mandi dan masak setiap hari.”Pompa air sudah rusak. Harapan kami, ada bantuan pompa lagi,”ujarnya. Kondisi tersebut sangat dikeluhkan warga. Hingga kini warga belum mendapat bantuan air bersih dari Pemkab. Warga berharap,Pemkab Tuban bisa memberikan bantuan air bersih serta mengupayakan perbaikan pompa air. (nanang fahrudin)



Post Date : 25 Agustus 2008