Tujuh Kecamatan Kesulitan Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 01 November 2006
Kategori:Air Minum
BREBES- Musim kemarau berkepanjangan menyebabkan warga tujuh kecamatan di Kabupaten Brebes mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Ketujuh kecamatan itu adalah Paguyangan, Bumiayu, Tonjong, Banjarharjo, Larangan, Tanjung, dan Ketanggungan.

Kondisi terparah terjadi di Ketanggungan, terutama di 10 dari 21 desa. Yaitu Desa Cikeusal Kidul, Cikeusal Lor, Pamedaran, Buara, Baros, Karangmalang, Dukuh Tengah, Ketanggungan, Dukuhturi, dan Bulakelor. Di kecamatan lain rata-rata terdapat dua-tiga desa yang kesulitan memperoleh air.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cikeusal Kidul, Samsul Arief mengatakan, kondisi itu sudah dirasakan warga tiga bulan terakhir. Hal itu terjadi karena sumber-sumber air seperti sumur dan sungai sudah kering. Untuk mencari air bersih, warga harus menempuh jarak satu hingga lima kilometer sampai desa tetangga. Jika tidak, mereka harus membeli dengan harga Rp 1.500/jerigen. Padahal dalam sehari kebutuhan minimal lima jerigen.

"Di desa saya ada sekitar 1.100 keluarga di empat pedukuhan yang kesulitan mendapatkan air. Sebenarnya kami sudah lama mengajukan permintaan pemgedropan air bersih kepada Pemkab, tetapi hingga sekarang belum direalisasi," ungkap dia.

Terus Didata

Kabag Agama, Sosial, Kependudukan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Setda Brebes, Drs Athoillah mengatakan, Pemkab telah menyiapkan 108 tangki air untuk dipasok ke daerah yang membutuhkan. Berdasarkan laporan yang diterima, tercatat 24 desa di tujuh kecamatan yang mengajukan permohonan bantuan.

Meski demikian, hingga kini pihaknya masih terus mendata karena kemungkinan tidak hanya daerah-daerah tersebut yang kesulitan air bersih. "Saat ini kami terus berupaya mendata. Pengedropan akan kami mulai Kamis (2/11) besok," kata dia.

Menurut Athoillah, pengiriman air bersih tersebut merupakan kali kedua. Sebelumnya, pada September lalu Pemkab juga melakukan kegiatan serupa. Saat itu, 200 tangki air didistribusikan ke beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan.

"Bantuan ini kami harapkan bisa membantu warga yang kesulitan memperoleh air bersih di musim kemarau," ujarnya. (bs-65s)



Post Date : 01 November 2006