Tujuh Desa di Batangan Masih Kesulitan Air

Sumber:Suara Merdeka - 27 November 2006
Kategori:Air Minum
PATI - Sebelas dari 18 desa di Kecamatan Batangan, Pati, sudah menikmati air bersih PDAM sejak Juni lalu. Sayang, tujuh desa yang lain sejauh ini masih kesulitan air.

Camat Batangan Tri Haryomo mengatakan, ketujuh desa yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Jaken, Jakenan, dan Juwana itu adalah Tlogomojo, Sokoagung, Bulumulyo, Klayusiwalan, Tompomulyo, Kuniran, dan Gunungsari.

''Beruntung, warga tujuh desa tersebut mendapat bantuan air bersih dari RS Mitra Bangsa dan Padepokan Bumi Wali Songo Pati,'' katanya, saat mengikuti shalat istiqa (minta hujan), di Desa Klayusiwalan, Jumat (24/11) lalu.

Warga Desa Klayusiwalan sebenarnya sudah mengajukan permohonan penyambungan jaringan pipa air minum ke PDAM, tetapi mereka terbentur pada syarat PDAM: calon pelanggan paling sedikit harus 60 sambungan rumah (SR).

Faktor Biaya

Padahal, sejauh ini yang sudah mengajukan permohonan baru 33 KK. Kemungkinan, faktor biaya menjadi penyebab bagi belum tercapainya jumlah minimal SR.

Maklum, setiap calon pelanggan harus membayar Rp 290.000.

''Kami akan berupaya keras mengatasi masalah air bersih ini dan berharap pemerintah turun tangan, antara lain mengalokasikan dana bantuan untuk desa-desa tersebut,'' katanya.

Beruntung, sejak Jumat lalu hujan sudah mulai turun di Kecamatan Pucakwangi, Winong, Tambakromo, dan Gabus.

''Namun, air hujan awal itu baru sekadar mampu membasahi permukaan tanah,'' kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati Ir Pudjo Winarno.(ad-58)



Post Date : 27 November 2006