Tuabo Meluap Sawah Kebanjiran

Sumber:Media Indonesia - 10 Maret 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

MAMUJU (MI): Sekitar 100 hektare sawah di tiga kecamatan di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, terendam banjir sehingga padi yang siap dipanen menjadi rusak.

 Tiga kecamatan yang terendam banjir adalah Papalang, Kalukku, dan Kecamatan Sampaga. Banjir di wilayah itu terjadi akibat hujan deras pada Kamis (6/3) malam dan berlangsung hingga dua hari.

 Banjir terjadi karena luapan Sungai Tuabo yang melintasi beberapa desa di tiga kecamatan itu. Selain sawah, luapan sungai merendam permukiman.

 Dua desa, Tuabo dan Tarailu di Kecamatan Sampaga, menjadi wilayah yang paling parah terkena dampak banjir. Ketinggian air mencapai 80 cm.

 "Akibat banjir, banyak warga yang kehilangan harta benda. Selain gabah yang hanyut, ada juga ternak yang hilang," kata Nasriah, warga Desa Tuaobo, yang kehilangan lima karung gabah.

 Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Jawa Tengah, Suharto menyatakan, selama 2007, sekitar 49 ha tanaman padi di wilayahnya gagal panen. Penyebabnya banjir di utara Gunungkidul, serangan hama uret, dan berhentinya musim penghujan.

 "Gagal panen di Gunungkidul relatif sedikit karena hanya sekitar 0,012% dari seluruh areal tanaman padi. Di Gunungkidul, luas tanaman padi mencapai 44 ribu ha," tutur Suharto. (M-FH/AU/N-4)



Post Date : 10 Maret 2008