TPSA Cilowong Diblokir

Sumber:Suara Pembaruan - 21 Januari 2009
Kategori:Sampah Luar Jakarta

[SERANG] Ratusan warga Desa Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, memblokir jalan menuju tempat penampungan sampah akhir (TPSA) Cilowong, menyusul belum ditanganinya kasus longsor sampah di tempat itu oleh pemerintah daerah.

"Sebagian besar warga di Desa Cilowong mengeluhkan kualitas air sumur menjadi jelek. Air sumur menjadi hitam pekat, pascalongsornya sampah di tempat itu. Kami meminta pemerintah daerah segera mengatasi masalah longsornya sampah di TPSA Cilowong ini," ujar Edi, koordinator aksi, di Serang, Selasa (20/1).

Akibat longsornya sampah dari TPSA itu pada Kamis (15/1) lalu, perkebunan dan sawah milik warga hingga kini masih tertimbun sampah dan tidak bisa digarap lagi.

Ketua Badan Perwakilan Desa Cilowong, Sarikam menjelaskan, belum ada penanganan serius dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Serang terkait longsor tersebut.

Kepala Seksi Pengolahan TPSA Cilowong, Utama mengatakan, dalam sehari, tak kurang dari 240 meter kubik sampah yang diangkut dari Kota Serang.

"Kami sedang berusaha untuk bernegosiasi dengan warga dan mencari solusi yang saling menguntungkan. Jika warga terus memblokir jalan menuju TPSA Cilowong itu, sampah pasti akan menumpuk di Kota Serang," ujarnya. [149]



Post Date : 21 Januari 2009