TPS Liar Kembali Bermunculan di Bandung Timur

Sumber:Pikiran Rakyat - 07 Mei 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-TPA Sarimukti di Kec. Cipatat, Kab. Bandung, akan diperbaiki dalam waktu dekat untuk mengatasi berbagai masalah persampahan di Metro Bandung. Perbaikan akan meliputi jalan dan pembuatan dam untuk menampung air licid sampah. Namun, role sharing perbaikan TPA Sarimukti belum ditentukan, baik untuk masing-masing kab./kota yang terlibat maupun untuk Provinsi Jawa Barat.

Demikian diungkapkan Gubenur Jawa Barat Danny Setiawan, usai acara Milad Ke-9 Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di Sabuga ITB Jaln. Tamansari Kota Bandung, Minggu (6/5).

Saya telah menugaskan Sekda Jabar untuk mengundang pihak Kab. Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi untuk sama-sama berkomitmen. Pokoknya, sebelum ada tempat sampah yang representatif, mereka harus memperbaiki TPA Sarimukti, kata gubernur.

Disebutkan, TPA Sarimukti dirancang untuk penanganan sementara saja sampai ditemukannya tempat yang lebih representatif. Namun, pihak-pihak yang memanfaatkan TPA Sarimukti kurang mengembangkan sinergis di dalam menyiapkan tempat itu. Jadi, jika kita masih membutuhkan Sarimukti, ya harus diperbaiki bersama, ujar Danny.

Menggunung

Sementara itu, akibat masih diberlakukannya pembatasan jumlah ritasi truk yang mengangkut sampah ke TPA Sarimukti, di sejumlah titik di kawasan Bandung Timur terjadi penumpukan sampah. Bahkan, beberapa tempat, penampungan sampah liar mulai bermunculan. Tumpukan sampah terlihat di beberapa titik jalan-jalan utama dan kawasan permukiman.

Tumpukan sampah berbau busuk itu dikeluhkan sejumlah warga perumahan di kawasan Bandung Timur, Minggu (6/5). Petugas pengangkut sampah menyebutkan sampah tidak diangkut karena TPA di Cipatat ditutup. Sudah seminggu ini sampah dibiarkan menumpuk, ujar Dodo, Ketua RW 07, Perum Bumi Panyileukan, Cipadung Kota Bandung.

Selain di Perum Bumi Panyileukan, tumpukan sampah juga ditemui di Bumi Harapan, Perum Cempaka Arum, Cipadung, dan Riung Bandung. Tumpukan sampah juga terlihat di sejumlah TPS dan TPS liar di sepanjang Jln. A.H. Nasution, mulai dari kawasan Sukamiskin hingga batas kota di bundaran Cibiru.

TPS liar

Di sepanjang Jln. A.H. Nasution, sedikitnya terdapat delapan TPS di antaranya lima TPS liar. Seluruh TPS itu kini tertutup gunungan sampah bahkan meluber hingga ke badan jalan.

Di TPS Cipadung dekat Jln. Embah Jaksa, RW 01 Cilengkrang dan Ciporeat, Ujungberung, tumpukan sampah tumpah ke bahu dan sebagian badan jalan. Sudah satu minggu tidak diangkat-angkat, kalaupun diangkat tidak sampai setengahnya, ujar Arman, pedagang mebel yang bersebelahan dengan TPS Cipadung.

Selain warga sekitar TPS, para pengguna jalan juga mengaku terganggu dengan tumpukan sampah yang mengeluarkan bau busuk. Karenanya, mereka meminta agar pihak PD Kebersihan Kota Bandung dan kecamatan setempat yang saat ini dipercaya mengelola sampah, sesegera mungkin membersihkan tumpukan sampah. (A-87/A-154)



Post Date : 07 Mei 2007