TPA Stagen Tak Layak Pakai

Sumber:Banjarmasin Post - 03 Desember 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Kotabaru, BPost Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Stagen tidak layak pakai. Selain terlalu dekat dengan pemukiman penduduk juga kapasitas tempat dan alat keruk tidak memadai lagi sebagai tempat pembuangan sampah.

Hal itu, terungkap saat Wakil Bupati Kotabaru Fatizanolo S bersama dengan anggota dewan dari Komisi C Pardiansyah beserta Kepala Kantor Tata Kota Kotabaru Sugian Noor SH MSi melakukan peninjauan ke lokasi TPA yang terletak di Jalan Raya Stagen KM 12,5 Sebelimbingan Pulau Laut Utara.

Ketika memasuki lokasi TPA yang memang tidak jauh dari pemukiman warga, jutaan lalat tampak beterbangan di areal tersebut. TPA yang mempunyai luas areal sekitar dua hektare persegi tersebut hingga saat ini masih dikerjakan secara manual. Terlihat beberapa orang yang sedang mengorek sampah di tengah kepulan asap bakaran sampah.

"Sudah saatnya pengelolaan sampah di TPA ini dikelola dengan baik, dengan kondisi semacam ini tidak ada kata ditunda. Semua sudah mendesak. Pihak terkait harus mendengarkan semua keluhan dari masyarakat dan pengelola TPA yang sudah tidak layak digunakan lagi ini," jelas Fatizanolo dis ela-sela peninjauan tersebut.

Sementara, Sugian Noor menegaskan dengan kapasitas sekitar 60-100 kubik sampah warga Kotabaru perharinya pengunaan sistem manual memang harus ditinggalkan dan pembangunan TPA baru juga mendesak.

"Untuk lokasi baru sudah kami ada gambaran yaitu sekitar daerah Sembuluan sekitar 6 Km dari sini, sehingga standar jarak antara TPA dengan pemukiman yang minimal 2 Km bisa tercapai," ujarnya.

m1

Post Date : 03 Desember 2005