TPA Kepanjen Penuh, DKKP Tambah 2 Lokasi

Sumber:Indo Pos - 16 Desember 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
MALANG - Dinas Pertamanan, Permukiman, dan Kebersihan (DPPK) Kabupaten Malang mulai bingung mencari lahan pengganti tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Pasalnya, TPA sampah yang berada di Kepanjen, kapasitasnya sudah penuh. "Tahun depan kami sudah mengusulkan penambahan area TPA di Kepanjen serta pembuatan TPA di dua kecamatan untuk mengantisipasi peningkatan volume sampah," ujar Kepala DPPK Didik Mulyono, kemarin.

Detailnya, melalui anggaran APBD 2006 nanti, dia mengusulkan perluasan TPA Kepanjen dari 1,5 hektar menjadi 2 hektar. Sebab, TPA yang sekarang ini sudah tidak ideal lagi untuk menampung sampah dengan kapasitas 20 kubik per harinya.

Sampah yang dibuang di TPA Kepanjen ini, juga berasal dari luar Kepanjen. Di antaranya, Kecamatan Gondanglegi, Sumberpucung, serta Pakisaji. "Sehingga, perluasan lahan TPA sangat mendesak dilakukan," terang dia.

Menurut Didik, selain mengusulkan perluasan lahan TPA, program kerja DPPK nanti juga merencanakan pembangunan dua TPA di wilayah Pujon serta Dampit. Untuk wilayah Pujon, TPA ini diperuntukkan sampah dari wilayah Ngantang dan Kasembon. Sebab, selama ini sampah dari wilayah kabupaten bagian barat dibuang ke Singosari dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer.

Apabila hal ini terus dilakukan, tentunya akan menelan biaya operasional sangat tinggi. "Luas tanah yang akan disediakan untuk TPA Pujon ini sekitar 2 hektar. Kami meperkirakan setiap TPA akan mampu bertahan hingga 15 tahun," tambah dia.

Sedangkan untuk wilayah Dampit, lanjut Didik, akan dibangun TPA dengan luas sekitar 2 hektar untuk menampung sampah dari Kecamatan Turen, dan sekitarnya. Selama ini, sampah dari kecamatan Turen dibuang ke wilayah Kepanjen. Selain membutuhkan biaya besar, juga terbatasnya armada yang mengangkut sampah. "Kami sudah koordinasi dengan bagian pemerintahan untuk mengadakan soal tanah ini," ucapnya.

Selain pengadaan tanah TPA, Didik juga mengusulkan anggaran untuk pembelian 3 truk sampah serta 25 kontainer. Pengadaan tersebut untuk melengkapi 25 unit truk sampah serta 110 kontainer yang sekarang sudah ditempatkan di beberapa sub TPA. (don)

Post Date : 16 Desember 2005