TPA Gubug Perlu Pembenahan

Sumber:Jawa Pos - 27 April 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

GROBOGAN - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Gubug meresahkan masyarakat dan pengguna jalan di sisi lokasi tersebut. TPA yang berada di jalur jalan raya Gubug - Semarang, ini membuat para pengguna jalan terganggu akan bau tidak sedap yang ditebarkan.

"Kami sebenarnya senang jika ada TPA, namun berbeda dengan kondisi TPA di Gubug, banyak warga yang merasa terganggu. Selain mengganggu pemandangan, juga bau yang dikeluarkan sangat menyengat," terang Eko Sudarto, 29, warga Tegowanu.

Hal senada dikatakan Taufiqurrohman, 28, warga Gubug yang sering melintasi jalan tersebut. Saat melintasi TPA tersebut, warga harus menutup hidung, apalagi kalau musim hujan dan sampah yang baru dikeluarkan dari mobil pengangkut sampah.

"Baunya sangat mengganggu kami saat kami melintasi jalur itu. Kami harap dinas terkait secepatnya menyikapi kondisi ini," terangnya.

Sementara Satiman, 35, seorang pemulung di TPA Gubug mengakui jika sering ada mobil atau warga yang membuang sampah di TPA tersebut, namun hanya dibuang di tepi jalan. Pihaknya mengaku kewalahan jika harus mengingatkan para pembuang sampah di TPA tersebut.

"Saya seringkali mengingatkan para pembuang sampah untuk membuang sampah ke lokasi yang benar. Tapi kalau diingatkan, malah saya sering dibentak, karena kami bukan petugas," terangnya. (bam/joe)



Post Date : 27 April 2010