TPA Blondo Segera Diperluas

Sumber:Suara Merdeka - 28 Februari 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
UNGARAN - Tempat penampungan sampah (TPA) Blondo di Kecamatan Bawen segera diperluas. Pemkab berencana menambah dermaga di lingkungan tersebut. 
 
Dana dialokasikan sebesar Rp 500 juta, bersumber dari APBD 2012. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang Totit Oktorianto mengungkapkan, rencana tersebut menyusul tingginya volume sampah di Kabupaten Semarang. TPA Blondo kini menurutnya mulai tak mampu menampung sampah dari berbagai wilayah di Kabupaten Semarang. 
 
“Mulai sekarang harus diantisipasi. Kami rencanakan pembangunan dermaga II pada 2013 mendatang dengan dana itu,” ungkap Totit, Senin (27/2).
 
Rencana tersebut untuk mengantisipasi jika kapasitas TPA Blondo dalam dua tahun ke depan sudah tidak mampu menampung lagi. Pasalnya, saat ini volume sampah di Kabupaten Semarang mencapai 126 kubik per hari. 
 
Sebanyak 14 truk atau armada yang ada secara rutin mengangkut sampah tiga kali per hari. Satu kali angkut kapasitasnya mencapai tiga kubik. 
 
SDM Terbatas
 
Volume tersebut dinilai cukup tinggi. Sebab itu, persiapan pembuatan armada II di sekitar lokasi TPA Blondo dimulai sekarang. Harapannya, pada 2013 mendatang dermaga tersebut dapat dioperasikan. 
 
Kepala Bidang Kebersihan DPU, Hadi Riyanto menambahkan, selain itu jumlah armada belum cukup untuk mengangkut volume sampah. 
 
Sementara, jika dilakukan penambahan, jumlah SDM-nya pun terbatas. Untuk mengatasi hal itu, DPU hanya bisa memaksimalkan apa yang ada. “Belum siap juga untuk anggaran pengadaan solarnya,” jelasnya.
 
Penyebab tingginya volume sampah, menurutnya, hal itu karena perkembangan permukiman di wilayah Kabupaten Semarang terbilang pesat. 
 
Itu sekaligus mengindikasikan pertumbuhan penduduk juga tinggi. Idealnya, kondisi tersebut diimbangi dengan penambahan armada pengangkut sampah, berikut SDM yang mengoperasikannya.


Post Date : 28 Februari 2012